Kesehatan

2 Obat Penenang dalam Tas Lucinta Luna saat Ditangkap Polisi Fakta Tramadol & Riklona

Update terbaru Lucinta Luna terjerat narkoba Tramadol dan Riklona ditemukan di apartemen LCL, ini faktanya, termasuk obat penenang? Kabar penangkapan Lucinta Luna ini pertama kali diunggah oleh seterunya, Gebby Vesta, lewat akun Instagramnya. Dalam unggahannya, Gebby Vesta memosting foto seorang wanita yang diduga Lucinta Luna tengah berada di kantor polisi.

Lucinta bersama 3 orang lain dilaporkan telah diamankan di Apartemen Thamrin City, Jakarta Pusat, lapor Kompas.com. Dari tes urine, Lucinta Luna diketahui memakai narkoba jenis Benzo. AKP Maulana Makarom selaku Kanit 2 Satnarkoba Polres Metro Jakarta Barat mengatakan kekasih Abash itu telah beberapa bulan mengonsumsi narkoba.

"Dalam cek urine tersangka LL, positif ya, positif benzo ya, psikotropika. Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus membenarkan penangkapan Lucinta Luna. "Diduga memiliki narkoba. Memang di dalamnya ditemukan ada obat obatan penenang," jelas Yusri kepadaKompas.com, Selasa (11/2/2020).

Melansir dari Kontan.co.id, ada dua jenis obat yang didapat dari dalam tas Lucinta Luna. Yakni, tramadol dan Riklona. Berdasarkan wikipedia, tramadol memiliki nama komersial ultram. Obat ini merupakan pengobatan nyeri opioid yang digunakan untuk mengatasi rasa sakit menengah hingga cukup parah.

Jika diminum secara oral, biasanya Tramadol akan bekerja dalam satu jam. Obat ini sering dikombinasikan dengan parasetamol untuk meningkatkan efikasi dari Tramadol. Nah, saat dikonsumsi, Tramadol memiliki sejumlah efek samping.

Sebut saja munculnya risiko sindrom serotonin, berkurangnya rasa awas hingga kecanduan. Adapun efek samping lainnya adalah sembelit, gatal, dan mual. Jika dikonsumsi tanpa takaran yang tepat, Tramadol bisa menyebabkan kematian akibat overdosis.

Nah, kematian akibat overdosis Tramadol banyak dilaporkan di Irlandia Utara. Biasanya, banyak kasus kematian karena mengonsumsi Tramadol dengan obat obatan lain atau meminumnya dengan alkohol. Selain Tramadol, Lucinta Luna juga diketahui menyimpan obat obatan Riklona.

Mengutip drugs.com, Riklona merupakan obat yang mengandung clonazepam. Ini adalah obat golongan antikonvulsan yang berfungsi untuk mencegah sekaligus mengontrol kejang dan epilepsi. Adapun terjadinya kejang akibat aliran listrik di dalam otak yang tidak normal.

Dengan kata lain, obat ini dapat menyeimbangkan aliran listrik otak sehingga gejala kejang dapat lebih terkendali. Di sisi lain, clonazepam juga dapat digunakan untuk meredakan gangguan panik. Sejumlah efek samping obat ini adalah penurunan kesadaran, depresi, pusing, gangguan koordinasi gerakan, kelelahan, kebingungan, hingga gangguan ingatan.

Dalam artikel yang dirilis oleh Drugs.com, mereka membenarkan bahwa obat obatan jenis Benzo membuat orang mudah depresi dan cemas. Benzodiazepin (Benzo) disebut sebatgai obat buatan manusia yang menyebabkan depresi ringan hingga berat pada saraf di dalam otak (sistem saraf pusat) dan sedasi (kantuk). Kejang, kegelisahan, dan penyakit lain yang membutuhkan pengobatan benzodiazepine (benzo) mungkin disebabkan oleh aktivitas saraf yang berlebihan di otak.

Obat obatan jenis benzo bekerja dengan meningkatkan efek asam gamma aminobutyric (GABA) di otak. Asam gamma aminobutyric adalah neurotransmitter, bahan kimia yang digunakan saraf untuk mengirim pesan satu sama lain. Asam gamma aminobutyric mengurangi aktivitas saraf di otak dan meningkatkan efek GABA dengan benzodiazepine, mengurangi aktivitas otak.

Obat yang termasuk dalam kategori benzosalah satunya adalah Xannax.

Baca Juga

Tak Ada Ruang Lakstasi Bagi Ibu yang Menyusui di Tempat Kerja? Menkes: Kita Tutup Nanti

Reima Eisya

Kepala Jangan Menengadah Cara Tepat Menangani atau Menghentikan Mimisan

Reima Eisya

Lima Strategi Pemerintah Turunkan Angka Stunting

Reima Eisya

Pengetahuan Masyarakat tentang Kesehatan Jiwa Masih Minim

Reima Eisya

Reaksi Dokter Terawan Soal Surat MKEK IDI yang Tak Setuju Dirinya Jadi Menkes

Reima Eisya

Apa yang Harus Dilakukan untuk Penyembuhan Penyakit Tuberkulosis?

Reima Eisya

Tak Hanya Rokok Kentang Hingga Tomat Juga Miliki Zat Bahaya Ini 4 Sayur yang Mengandung Nikotin

Reima Eisya

Sering Dikonsumsi Harian, 9 Makanan Sepele Ini Ternyata Pemicu Organ Intim Jadi Bau Tak Sedap

Reima Eisya

10 Tips Menjaga Kesehatan Mata Meski Sering Menatap Layar Monitor & Hp

Reima Eisya

Nutrisi Seimbang 5 Makanan yang Aman buat Para Penderita Diabetes

Reima Eisya

Tropicana Slim Ajak Keluarga Indonesia Cegah & Lawan Diabetes

Reima Eisya

Ikan Asin Bisa Picu Kanker Kelenjar yang Diderita Ustaz Arifin Ilham Hingga Wafat

Reima Eisya

Leave a Comment