Kesehatan

5 Cara Agar Rambut Tidak Mengembang

5 Cara Agar Rambut Tidak Mengembang

Setiap wanita pasti memiliki gaya rambut yang berbeda. Terlebih saat mengikuti tren gaya rambut, ada sebuah kebanggaan tersendiri bagi wanita. Sebagian wanita gemar sekali mengganti warna dan bentuk rambut, apakah lurus atau dikeriting. Namun, ada satu hal yang menjadi masalah, yaitu bagaimana cara agar rambut tidak mengembang meski telah ditata dan diwarnai sedemikian rupa.

Sejatinya, ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi rambut mengembang, yang sering membuat banyak orang kesal. Bagaimana tidak, jika di saat-saat penting yang seharusnya menuntut Anda tampil sempurna, tetapi tiba-tiba rambut Anda justru tampak mengembang dan sulit diatur.

Rambut mengembang juga bisa menjadi pertanda rambut Anda mulai mengalami kerusakan. Mengapa demikian? Karena, saat rambut Anda rusak dan terlalu kering, lapisan terluar atau kutikula rambut akan terangkat dan menyebabkan kelembapan rambut hilang. Sebelum Anda mengalami hal tersebut, segera cari tahu berbagai cara mencegah rambut mengenbang berikut ini.

Memilih Potongan Rambut yang Tepat

Anda bisa saja merasa bangga apabila memiliki rambut yang tebal dan lebat. Namun, Anda dituntut untuk lebih berhati-hati memilih model potongan rambut yang tepat. Salah satu cara yang dapat Anda lakukan sebagai pemilik rambut tebal, agar terhindar dari masalah rambut mengembang adalah dengan menghindari model potongan rambut layer.

Potongan rambut layer juga sangat tidak  disarankan bagi Anda yang memiliki rambut pendek. Potongan yang tidak rata pada tipe potongan layer biasanya ditujukan untuk menambah volume bagi orang yang memiliki rambut tipis. Jika Anda memiliki rambut pendek dan tebal, penambahan layer justru akan berisiko membuatnya mudah mengembang dan sulit ditata rapi.

Lakukan Teknik Blow Dry dengan Benar

Beberapa orang memiliki kebiasaan melakukan blow dry, terutama saat hendak pergi ke acara-acara tertentu. Tak ada salahnya memang jika Anda melakukan blow dry untuk menata rambut sehabis keramas, asal tidak terlalu sering. Namun, alangkah baiknya Anda selalu melakukan blow dry dengan teknik yang benar untuk menghindari masalah rambut mengembang.

Jika Anda melakukan blow dry, gunakanlah sisir berbentuk pipih atau sisir sikat bundar besar. Lalu, Anda harus memastikan angin yang keluar dari hair dryer mengarah dari atas ke bawah setiap helaian rambut. Teknik ini akan membantu menghaluskan kutikula rambut dan menguraikan rambut yang kusut. Dengan demikian, maka risiko rambut mengembang setelah blow dry bisa dihindari.

Gunakan Minyak atau Masker Rambut Secara Rutin

Cara agar rambut tidak mengembang berikutnya adalah dengan rutin menggunakan minyak atau masker rambut. Rambut yang cenderung mudah mengembang membutuhkan perawatan sedikit istimewa. Anda bisa menggunakan minyak rambut setelah keramas ketika kondisi rambut masih basah. Minyak dapat mengunci kelembapan rambut yang Anda miliki saat rambut masih basah.

Tak hanya minyak, menggunakan masker rambut juga dapat dijadikan cara lain untuk mengatasi rambut mengembang. Pilihlah masker rambut yang sesuai dengan jenis rambut yang Anda miliki. Setelah itu, aplikasikan secara merata setelah keramas. Diamkan rambut Anda selama beberapa menit sebelum kembali membilasnya dengan air.

Pakailah Shampo yang Melembutkan Rambut

Produk shampo yang Anda gunakan sehari-hari tentu harus diperhatikan. Ada baiknya Anda memilih shampo yang dirancang dengan manfaat melembutkan, karena salah satu penyebab utama rambut mengembang adalah kondisi rambut yang kasar dan kaku. Jika rambut Anda selalu terjaga kehalusan dan kelembutannya, risiko rambut mengembang dapat berkurang.

Gunakan Kondisioner Setelah Keramas

Satu hal yang tak boleh Anda lewatkan selesai keramas adalah menggunakan kondisioner. Penggunaan kondisioner dapat mencegah rambut mengembang. Kondisioner dapat memberikan kelembapan rambut, sehingga rambut lebih terjaga dan tidak mudah kering. Sebab, kondisi rambut kering merupakan salah satu penyebab rambut mengembang.

Jika Anda tahu dan melakukan apa saja cara agar rambut tidak mengembang, rambut Anda akan terawat dengan baik, dan pastinya rambut akan menjadi lebih sehat dan mudah diatur.

Baca Juga

Sayangi Mata dari Penyebaran Bakteri, Hindari Coba Tester Maskara di Toko Kecantikan, Ini Bahayanya

Reima Eisya

Kebanyakan Makan Pisang Bisa Picu Masalah Kesehatan

Reima Eisya

Bionime Perkenalkan Tes Deteksi Diabetes Personal Terintegrasi Internet

Reima Eisya

Pernah Derita Kanker Otak Seperti Agung Hercules, Epy Kusnandar Selamat karena Pengobatan Alternatif

Reima Eisya

Jika Biaya Kapitasi Masih Rp2 Ribu, Persatuan Dokter Gigi Indonesia Ancam Keluar dari BPJS Kesehatan

Reima Eisya

Dokter Masih Punya Banyak Pilihan Obat Lambung Dan Usus Selain Ranitidin

Reima Eisya

4 Tips Olahraga untuk Penderita Tekanan Darah Rendah, Konsumsi Sedikit Makanan dan Banyak Minum

Reima Eisya

Trik Sehat Ala Joe Taslim, Ogah Makan Lagi Setelah Santap Nasi Padang, Tak Suka Sayur, Pilih Dijus

Reima Eisya

Lakukan 7 Cara Sederhana Ini di Rumah Kantong Teh Dapat Atasi Iritasi Mata Cara Atasi Iritasi Mata

Reima Eisya

Tropicana Slim Ajak Keluarga Indonesia Cegah & Lawan Diabetes

Reima Eisya

Kenali Pemicu & Tanda-tandanya Awas TBC Sangat Menular

Reima Eisya

Audrey Dikeroyok, Ini Penjelasan Medis Mengapa Remaja Emosional dan Butuh Peran Orangtua

Reima Eisya

Leave a Comment