Travel

7 Tempat Wisata di Penajam Paser Utara, Wajib Dikunjungi saat Liburan ke Kalimantan Timur

Ibu kota baru diumumkan oleh Presiden Joko Widodo dan sebagian dari ibu kota baru berada di kawasan Penajam Paser Utama, Kalimantan Timur. Di kawasan Penajam Paser Utama, Kalimantan Timur ada beberapa macam tempat wisata yang bisa kamu kunjungi mulai dari pantai hingga penangkaran rusa. Beberapa tempat wisata di Kalimantan Timur yang bisa kamu datangi di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur seperti Pantai Corong, Pantai Nipah nipah hingga Penangkaran Rusa Penajam.

Dilansir dari berbagai sumber, simak tujuh tempat wisata di Kalimantan Timur yang bisa kamu sambangi di ibu kota baru Penajam Paser Utara. Pantai Corong terletak di Keluarhan Tanjung Tengah, Kecamatan Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara ini menjadi satu kawasan favorit yang sering dikunjungi oleh para warga lokal. Ketika hari libur atau pada akhir pekan, banyak warga lokal yang datang bersama keluarga untuk bersantai menikmati keindahan Pantai Corong.

Tidak hanya itu, Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara sering juga menyelenggarakan beberapa acara besar di Pantai Corong, salah satunya adalah Festival Layang layang bertaraf Internasional. Selain Pantai Corong, Pantai Nipah nipah atau yang sering disebut Pantai Sipakario juga menjadi satu tempat wisata andalan di Penajam Paser Utara (PPU). Pantai Nipah nipah terletak di Jalan Coastal Road, Kelurahan Nipah nipah, Kecamatan Penajam atau sekitar 10 menit dari Pelabuhan Penajam.

Untuk masuk ke Pantai Nipah nipah pun sangat terjangkau, kamu cukup membayar Rp 2 ribu per orangnya dan sudah bisa menikmati pesona pantai yang tak kalah indah. Air Terjun Niagara Tembinus adalah tempat wisata air terjun yang terletak di kawasan Hak Guna Usaha (HGU) PT. ITCI Hutani Manunggal, hutan konservasi di Penajam Paser Utara (PPU). Menuju Air Terjun Niagara Tembinus di Penajam Paser Utara ini cukup melelahkan karena kamu harus melewati jalan logging selama kurang lebih satu jam.

Tidak hanya itu, untuk mencapai air terjun ini kamu juga harus menyusuri jalan setapak sejauh kurang lebih satu kilometer. Berada di kawasan hutan konservasi, Air Terjun Niagara Tembinus memberikan pesona alam yang luar biasa yang bisa kamu kunjungi. Bagi kalian warga Penajam Paser Utara sudah tak asing lagi dengan Taman Bungan Rozaline.

Taman yang dibangun didekat Kantor Bupati Penajam Paser Utara ini bisa dinikmati pengunjung kapan saja. Tak dipungut biaya, para pengunjung bisa berswafoto di taman ini. Taman yang baru dibangun pada masa jabatan Bupati Yusran Aspar ini menjadi alternatif warga Penajam untuk menghabiskan waktu libur.

Di Taman Bunga Rozaline selain gazebo, ada beberapa fasilitas bermain lainnya, sejuknya Taman Bunga Rozaline ini lengkapi pepohonan yang rindang dan danau ditengah tengah taman. Pantai Tanjung Jumlai merupakan tempat wisata andalan warga Penajam dan sekitarnya yang selalu ramai dikunjungi oleh warga lokal. Selain menikmati keindahan pantai, kamu bisa mencoba beragam kuliner yang menggugah selera seperti bakso, gado gado dan makanan lainnya.

Tidak hanya itu, masuk ke Pantai Tanjung Jumlai pun tidak perlu dipungut biaya sama sekali. Penangkaran Rusa Penajam terletak di Jalan Provinsi KM 32, Desa Api api, Kecamatan Waru, Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur. Masuk Penangkaran Rusa Penajam kamu tidak perlu membayar biaya masuk dan bisa melihat beragam anak rusa dari berbagai jenis.

Selain bisa menikmati aktivitas rusa, kamu bisa langsung memberikan makanan kepada rusa rusa tersebut. Kebanyakan spesies rusa yang diternakkan di sana adalah dari jenis Rusa Sambar (Cervus unicolor broolkei) Ekowisata Mangrove Penajam terletak di Kelurahan Kampung Baru, Kecamatan Penajam, Kebupaten Penajam Paser Utara (PPU) Kalimantan Timur.

Di sini kamu bisa menikmati hutan mangrove dengan menyusuri jembatan yang dibangun di sini. Jika beruntung, kamu bisa melihat dari dekat hewan hewan yang hidup di sekitar Ekowisata Mangrove Penajam Paser Utara.

Baca Juga

5 Kuliner Legendaris dari Kediri yang Sayang Dilewatkan

Reima Eisya

Sea Life Malaysia Siap Dikunjungi Mulai Tanggal 9 Mei 2019

Reima Eisya

4 Tips Berfoto di Hutan Pinus, Usahakan Datang Lebih Pagi untuk Dapatkan Foto Instagramable

Reima Eisya

Rekomendasi 7 Waterpark di Jogja untuk Liburan Akhir Pekan

Reima Eisya

Promo Pegipegi April 2019 – Ada Diskon Tiket Pesawat, Kereta dan Hotel hingga Rp 1 Juta

Reima Eisya

Panduan Transportasi Menuju Tawangmangu Karanganyar dari Kota Solo

Reima Eisya

Jadi Lebih Mahal, Tarif Baru Ojek Online akan Mulai Berlaku di 5 Kota Hari Ini

Reima Eisya

6 Jenis Kerupuk Asli Indonesia, Cocok Jadi Pendamping Menu Makan Siang

Reima Eisya

Promo Harga Tiket Masuk Dufan Selama Agustus 2019 hingga Daftar Wahana Baru

Reima Eisya

Daftar Promo Burger King Kupon April 2019, Harga Mulai Rp 3 Ribuan

Reima Eisya

Daftar Tarif dan Jadwal Bus Damri di Bandara YIA Kulon Progo

Reima Eisya

6 Mitos Tentang Cara Bertahan Hidup yang Ternyata justru Membahayakan Nyawa

Reima Eisya

Leave a Comment