Metropolitan

Anies Masih Tunggu Pemerintah Pusat soal Pengoperasian Ojol saat PSBB Diterapkan

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan sudah menyelesaikan susunan untuk Peraturan Gubernur (Pergub) terkait Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Pergub ini nantinya akan berisikan teknis penerapan PSBB di Jakarta. Meski sudah menyelesaikannya, Anies mengaku saat ini Pergub itu belum bisa diterbitkan.

Pasalnya, masih ada pembahasan bersama Pemerintah Pusat soal nasib ojek online (ojol) saat PSBB diterapkan. "Penyusunan Pergub, praktis sudah selesai. Hanya ada satu hal yang masih menunggu, kita sedang koordinasi dengan pusat terkait dengan ojek atau pemberian izin pada ojek untuk bisa beroperasi," ujar Anies di Balai Kota, Rabu (8/4/2020). Anies menyatakan dalam Pergub yang disusun, ia ingin ojol tetap bisa beroperasi membawa penumpang.

Sementara ketentuan dari Pemerintah Pusat, ojol hanya boleh menyediakan jasa antar makanan atau barang. Sementara ia mengaku sudah berkoordinasi dengan perusahaan penyedia aplikasi soal kebijakan ini. Mereka, kata Anies, menyanggupi para ojol akam memenuhi ketentuan tertentu agar bisa aman dari penularan corona. "Kita sudah berkoordinasi dengan para operator mereka punya mekanismenya. Karena itu, kita merasa ojek selama mereka mengikuti protap itu bisa beroperasi bisa mengangkut orang dan barang," tuturnya.

Karena itu Anies mengatakan pihaknya masih membahas soal ojol ini dengan Pemerintah Pusat. Ia berharap dalam waktu dekat sudah mendapatkan persetujuan soal Pergubnya ini. "Kita sedang tunggu finalisasinya seperti apa sehingga nanti masuk dalam satu ketentuan yang sama itu perkembangan sore hari ini," katanya.

Sebelumnya, Anies menyatakan ibu kota akan resmi menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Kebijakan ini akan diterapkan pada Jumat (10/4/2020). Anies mengatakan hal ini usai melakukan rapat bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) di Balai Kota, Selasa (7/4/2020) malam. Ia mengadakan pertemuan ini setelah mendapatkan surat keputusan dari Menteri Kesehatan Terawan untuk menerapkan PSBB di DKI.

"Dari pembahasan yang kita lakukan tadi DKI Jakarta akan melaksanakan PSBB sebagaimana digariskan keputusan keputusan mentyeri. Efektif mulai jumat tanggal 10 April 2020," ujar Anies. PSBB ini, kata Anies, akan berlaku selama 14 hari. Namun ia menyatakan status ini bisa diperpanjang jika penanganan corona di DKI tak kunjung terkendali. "Menurut kententuan berlaku 14 hari kemudian bisa diperpanjang," tuturnya.

Mantan Mendikbud ini mengatakan kebijakan ini sudah diterapkannya dalam tiga pekan terakhir. Namun bedanya PSBB dengan yang sudah ia terapkan adalah soal penegakan hukumnya. Ia menyebut ada hukum yang lebih mengikat bagi masyarakat yang melanggar PSBB.

"Karena akan disusun peraturan yang peraturan ini memiliki kekuatan mengikat kepada warga untuk mengikuti. Jadi kita berharap pembatasan nantinya bisa ditaati sekaligus menjadi pedoman bagi semua," ujar dia.

Baca Juga

Tinggal Tunggu Waktu Berkali-kali Warga Ingatkan Pemilik Indekos 3 Lantai yang Roboh Ngeyel

Reima Eisya

Cerita ART di Tangerang Selatan yang Viral Jual Sembako Bansos di Medsos Demi Kirimi Uang Ibunya

Reima Eisya

kisah Dua Saudara Terpisah di Tengah Aksi Demonstrasi Depan Gedung DPR

Reima Eisya

Fraksi PSI DPRD DKI Kembalikan Dana Rp 752 Juta menuju APBD Reses Perdana

Reima Eisya

Jelang Natal & Tahun Baru Terminal Bus Pondok Pinang Targetkan Berangkatkan 4000 Penumpang

Reima Eisya

Ini Penjelasan Polsek Penjaringan Viral Video Istri Pukuli Suaminya yang Stroke dengan Tongkat

Reima Eisya

Ibu dari Mahasiswi Baru Ini Tewas Tertimpa Pohon saat Tunggu Anaknya Ujian di Universitas Pancasila

Reima Eisya

Tak Seperti Tamu Lainnya, Anies Temui Jokowi Lewat Pintu Samping Istana

Reima Eisya

Wali Kota Tangerang Imbau Warga Bayar Zakat Melalui Baznas

Reima Eisya

LRT Jakarta Keok Sama Ojol Di Empat Stasiun Lainnya Menang Di Dua Stasiun

Reima Eisya

Pengurus Yayasan Al Ittihaad Tebet Dijemput Polisi, Diduga Terkait Aksi 22 Mei Besok

Reima Eisya

2 T Dipertanyakan DPRD Dana Rp 1 Pembangunan Trotoar DKI Jakarta Disyukuri Mantan Gubernur Djarot

Reima Eisya

Leave a Comment