Kesehatan

Begini Anjuran WHO Cegah Penularan Virus Corona

Berawal darikasus kluster pneumonia dengan penyebab penyakit yang tidak jelas di Kota Wuhan, Provinsi Hubei, China, novel Coronavirus yang bernama resmi Coronavirus Disease (COVID 19) kini menjadi masalah kesehatan dunia. Penyakit ini pun menjadi persoalan serius,karena menyebabkan penularan dan kematian di luar China sehinggapada tanggal 30 Januari 2020, WHO menetapkan COVID 19 sebagai Public Health Emergency of International Concern (PHEIC)/ Kedaruratan Kesehatan Masyarakat Yang Meresahkan Dunia (KKMMD). WHO menyebutkan penularan dari manusia ke manusia kemungkinan terjadi melalui percikan ludah, dan benda yang terkontaminasi.

Untuk pencegahan, pihak WHO mengajurkan untuk selalu mencuci tangan secara teratur, menerapkan etika batuk dan bersin, menghindari kontak secara langsung dengan ternak dan hewan liar, serta menghindari kontak dekat dengan siapa pun yang menunjukkan gejala penyakit pernapasan seperti batuk dan bersin. Tanda tanda dan gejala klinis yang dilaporkan sebagian besar adalah demam, bahkan ada yang mengalami kesulitan bernapas, dan hasil rontgen menunjukkan infiltrat pneumonia luas di kedua paru. Hal penting dalam kesiapsiagaan menghadapi COVID 19 adalah mengkomunikasikan risiko dan menumbuhkan pemberdayaan masyarakat.

Hal ini merupakan komponen penting yang tidak terpisahkan dalam penanggulangan tanggap darurat kesehatan masyarakat, baik secara lokal, nasional, maupun internasional. Komunikasi risiko dan pemberdayaan masyarakat juga dapat membantu mencegah infodemic (penyebaran informasi yang salah/hoaks), membangun kepercayaan publik terhadap kesiapsiagaan dan respon pemerintah. Dengan demikian masyarakat dapat menerima informasi yang baik dan benar dan mengikuti anjuran pemerintah.

Hal hal tersebut dapat meminimalkan kesalahpahaman dan mengelola isu/hoaks terhadap kondisi maupun risiko kesehatan yang sedang terjadi. Maka dari itu, pesan kunci yang perlu diketahui masyarakat umum di negara yang bersiap menghadapi kemungkinan wabah antara lain mengenali penyebab, gejala, tanda, penularan, pencegahan dan pengobatanCOVID 19, serta melakukan pencegahan seperti: 1. Melakukan kebersihan tangan rutin, terutama sebelum memegang mulut, hidung dan mata; serta setelah memegang instalasi publik.

2. Mencuci tangan dengan air dan sabun cair serta bilas setidaknya 20 detik. Cuci dengan air dan keringkan dengan handuk atau kertas sekali pakai. Jika tidak ada fasilitas cuci tangan, dapat menggunakan alkohol 70 80% handrub. 3. Menutup mulut dan hidung ketika bersin atau batuk menggunakan tisu, atau sisi dalam lengan atas. Tisu yang digunakan dibuang ke tempat sampah dan cuci tangan setelahnya. 4. Ketika memiliki gejala saluran napas, gunakan masker dan berobat ke fasilitas layanan kesehatan.

1. Hindari kontak dengan hewan (baik hidup maupun mati). 2. Hindari mengonsumsi produk hewan mentah atau setengah matang. 3. Hindari mengunjungi pasar basah, peternakan atau pasar hewan.

4. Hindari kontak dekat dengan pasien yang memiliki gejala infeksi saluran napas. 5. Patuhi petunjuk keamanan makanan dan aturan kebersihan. 6. Jika merasa kesehatan tidak nyaman ketika di daerah yang terjangkit COVID 19 terutama demam atau batuk, gunakan masker dan cari layanan kesehatan.

7. Setelah kembali dari daerah terjangkit outbreak COVID 19, konsultasi ke dokter jika terdapat gejala demam atau gejala lain dan beritahu dokter riwayat perjalanan serta gunakan masker untuk mencegah penularan penyakit.

Baca Juga

Sampai Satu Ginjalnya Diangkat Fakta-fakta Penyanyi Vidi Aldiano Tahu-tahu Kanker Ginjal Stadium 3

Reima Eisya

Mencegah Penyakit Kronis hingga Meningkatkan Kesehatan Jantung Manfaat Telur Puyuh

Reima Eisya

Bisa Meningkatkan Nafsu Makan 5 Manfaat Biji Buah Melon buat Kesehatan

Reima Eisya

Minyak Zaitun Italia Gelar 30dayChallenge Gaya Hidup Sehat

Reima Eisya

Menurunkan Gula Darah hingga Memerkuat Tulang 7 Manfaat Timun Bagi Kesehatan

Reima Eisya

Menkes Nila Moeloek Terbitkan Imbauan Pemblokiran Iklan Rokok di Internet

Reima Eisya

Pernah Derita Kanker Otak Seperti Agung Hercules, Epy Kusnandar Selamat karena Pengobatan Alternatif

Reima Eisya

Lakukan 7 Cara Sederhana Ini di Rumah Kantong Teh Dapat Atasi Iritasi Mata Cara Atasi Iritasi Mata

Reima Eisya

Tak Mungkin Diurut Doang Tiba-tiba Gede Menduga Mak Erot Pakai Metode Ini Pada Pasiennya Tompi

Reima Eisya

5 Makanan Tinggi Asam yang Perlu Dihindari untuk Cegah Asam Lambung dan Alternatif Penggantinya

Reima Eisya

5 Manfaat Kacang Mete untuk Kesehatan, Bisa Mengurangi Risiko Diabetes

Reima Eisya

Tak Hanya Rokok Kentang Hingga Tomat Juga Miliki Zat Bahaya Ini 4 Sayur yang Mengandung Nikotin

Reima Eisya

Leave a Comment