Techno

Bikin Pengalaman Bermain Game Selalu Optimal & Menyenangkan

Seorang gamer perlu mengetahui beberapa faktor utama agar gaming experience atau pengalaman saat bermain game selalu optimal dan menyenangkan. Selain pemilihan game yang cocok dengan selera, ‘wajib hukumnya’ performa sistem komputer/PC gaming yang digunakan layak atau mumpuni untuk menjalankan game game pilihannya. Selain performa sistem yang terkait dengan pemilihan jenis prosesor (CPU), graphic card, RAM, dan storage, masih ada satu hal yang tidak kalah pentingnya yang perlu dicermati seorang gamer yakni monitor, dalam hal ini monitor gaming.

Monitor gaming bukan hanya penting bagi pengguna PC, tapi juga bagi penting bagi pengguna konsol (PlayStation atau Xbox) sebagai perangkat output visualnya. Meskipun mobile device, seperti smartphone (83%) telah menjadi platform favorit gamer di Indonesia, platform PC/laptop (45%) dan game console (18%) masih cukup signifikan digunakan di Indonesia (menurut Twitter Gaming Insights Survey). Ini dapat menjadi indikasi jika pasar monitor gaming di Indonesia masih akan terus berkembang sejalan dengan perkembangan industri game di Indonesia.

Meskipun ada sedikit unsur subjektivitas (merek, desain, dan unsur selera lain), ada panduan atau batasan jelas yang harus diperhatikan dalam memilih monitor gaming ideal bagi seorang gamer. Agar tidak salah memilih monitor gaming, ada beberapa istilah penting yang perlu diketahui seorang gamer, yaitu Resolusi, Refresh Rate, Response time, Adaptive Sync, Jenis Panel, Color Gamut, dan Dukungan Konektor. Berikut ini penjelasannya. Resolusi layar merupakan salah fitur monitor yang paling pasti disebutkan dalam spesifikasi teknis monitor. Saat ini, mayoritas monitor yang beredar di pasar memiliki dukungan resolusi: Full HD / 1080p, 2K / Quad HD / 1440p dan 4K / Ultra HD / 2160p

Meskipun masih dominan, layar resolusi 1080p perlahan mulai ditinggalkan para gamer (enthusiast gaming) karena tidak lagi memenuhi ekspektasi mereka dalam ketajaman dan kualitas visual gambar. Akibatnya, sebagian besar para gamer setuju bahwa tampilan dengan resolusi 1440p menjadi standar baru dalam monitor gaming. Resolusi 1440p menawarkan visual yang lebih memukau tanpa harus memerlukan sistem hardware (perangkat keras) kelas atas agar frame rate tetap stabil saat menjalankan game terbaru. Terlebih lagi, monitor yang mendukung resolusi 1440p masih lebih terjangkau daripada monitor 4K.

Refresh Rate adalah kemampuan monitor memperbarui (refresh) tampilan gambar setiap detiknya di layar. Diukur dalam satuan Hertz (Hz), semakin tinggi nilainya, semakin banyak jumlah sinyal gambar yang di refresh. Oleh karena itu, monitor dengan nilai refresh tinggi berguna saat menjalankan genre game yang sangat dinamis atau bergerak cepat, seperti genre FPS (First person shooter), bertarung (fighting), balapan (racing games), RTS (real time strategy), dan olahraga (sports). Jenis game ini membutuhkan gerakan yang sangat cepat dan pergerakan yang akurat.

Itu artinya Anda membutuhkan monitor dengan refresh rate yang sangat tinggi agar lebih kompetitif saat bermain. Sebelum menentukan pilihan Anda, pertimbangkan kompatibilitas monitor Anda dengan GPU di PC/laptop. Apabila GPU mampu menghasilkan frame rate tinggi, monitor pun harus dapat mengimbanginya dengan refresh rate yang tinggi. Apabila monitor hanya mendukung refresh rate yang rendah, kemampuan maksimal dari GPU Anda pun menjadi sia sia.

Response time adalah waktu yang dibutuhkan pixel (piksel) di monitor untuk beralih dari satu warna ke warna lain (hitam menjadi putih atau dari abu abu ke warna lain). Biasanya diukur dalam satuan milidetik untuk menunjukkan seberapa cepat gambar bergerak. Dalam layar monitor modern, response time 1 ms biasanya ada pada layar monitor berpanel TN dan 4 ms pada panel IPS. Untuk genre game yang pergantian gambarnya sangat cepat (FPS, racing games, dll), Anda harus memprioritaskan layar monitor dengan response time 1 ms agar terhindar dari efek screen tearing (tampilan layar solah robek atau terbelah dua) dan frame rate yang fluktuatif.

Teknologi Adaptive Sync berperan dalam mengurangi efek screen tearing dalam game. Saat ini ada dua teknologi adaptive sync: Nvidia G Sync dan AMD FreeSync. Meskipun kedua teknologi ini sama sama mengatasi masalah yang sama, ada perbedaan signifikan dalam hal harga. Apabila monitor dengan teknologi Nvidia G Sync memiliki harga yang cukup premium, monitor dengan AMD FreeSync justru lebih terjangkau.

Monitor Nvidia G Sync membutuhkan penggunaan graphics card Nvidia, sedangkan monitor AMD FreeSync membutuhkan graphics card AMD. Jadi, selain anggaran belanja, pilihan pun bergantung pada konfigurasi hardware (graphics card/GPU) di PC/laptop Anda. Ada tiga jenis panel yang biasa digunakan di layar monitor gaming saat ini, yakni panel TN (Twisted Nematic), IPS (In Plane Switching), dan VA (Vertical Alignment). Panel TN datang dengan dukungan refresh rate tertinggi dan response time rendah, panel VA diposisikan sebagai panel dengan fitur di antara panel IPS dan TN.

Reproduksi warna dan sudut pandang (viewing angle) panel VA pada umumnya setara dengan panel IPS, meski panel VA memiliki keunggulan pada fitur kontras gambar dan panel IPS menawarkan reproduksi warna dan viewing angle yang lebih baik, tapi response time nya masih di bawah panel TN. Saat menentukan monitor dengan jenis panel apa yang cocok untuk bermain game, Anda hanya perlu memutuskan prioritas apa yang diinginkan saat bermain game. Apakah tampilan gambar yang berjalan sangat mulus di layar, tampilan visual yang tajam dan detail, ataukah kompromi keduanya. Ini lebih terkait pilihan subjektif atau preferensi masing masing gamer.

Baca Juga

Mi Note 10 Pro hingga Note 8 Pro Update Harga HP Xiaomi Bulan Maret 2020

Reima Eisya

Ketua DPR Imbau Kominfo Gandeng BSSN dan Bareskrim Polri Awasi Aplikasi Game Online

Reima Eisya

Edukasi Islami Menggunakan Boneka yang Memiliki Kecerdasan Buatan

Reima Eisya

11 Juli Huawei Cloud Gelar Indonesia Enterprise Service Summit 2019

Reima Eisya

7 Keunggulan yang Bikin Vivo V15 Pro Layak Dimiliki!

Reima Eisya

Kesempatan Konsumen XL Axiata Dapatkan Berbagai Penawaran Menarik di Hari Pelanggan Nasional

Reima Eisya

Menkominfo Rudiantara Mengaku Belum Tahu Model Bisnis Teknologi 5G yang Dikembangkan Huawei

Reima Eisya

Lanjutkan Seru Kemerdekaan, Cashbac Hadirkan Dua Promo Lagi

Reima Eisya

Cara Asyik Nonton YouTube di Layar Televisi

Reima Eisya

Keyboard Tak Adopsi Butterfly MacBook 16 Inci Akhirnya Dirilis

Reima Eisya

9 Jutaan Seri Terbaru Galaxy S10 Lite Rp 8 Update Daftar Harga HP Samsung Februari 2020

Reima Eisya

Ada Galaxy A & Galaxy Note Galaxy M  Galaxy S Daftar Harga Terbaru HP Samsung Januari 2020

Reima Eisya

Leave a Comment