Kesehatan

BPJS Kesehatan Dapat Lampu Hijau Menaikkan Iuran

Adanya lampu hijau dari Menteri Keuangan Sri Mulyani soal kenaikkan iuran BPJS Kesehatan memberikan angin segar bagi BPJS Kesehatan. Kepala Humas BPJS Kesehatan, M. Iqbal Anas Ma’aruf menuturkan pihaknya berharap penerapannya bisa dilakukan secepatnya. Namun BPJS Kesehatan juga menghargai proses mulai dari kajian hingga diskusi yang dilakukan Kemenkeu yang melibatkan BPJS Kesehatan maupun lembaga lainnya untuk menentukkan besaran iuran yang paling tepat.

“Kita menghargai proses kajian antar kementerian dan lembaga terkait, supaya benar iuran yang ditetapkan disesuaikan dengan kondisi finansial di masyarkat juga termasuk kondisi nasional negara kita,” kata Iqbal saat ditemui di kantor BPJS Pusat di Jakarta Pusat, Rabu (31/7/2019). Kenaikan harga iuran ini memang menjadi pilihan untuk mengatasi defisit BPJS Kesehatan yang diperkirakan akan menyentuh angka Rp 28 triliun, yang di dalamnya termasuk utang kepada rumah sakit. Permasalahan soal defisit BPJS Kesehatan ini juga merupakan permasalahan setiap tahun, yang juga membuat Kementerian Keuangan sebagai pemberi dana bantuan meminta stakeholder terkait berinovasi mencari solusi untuk menutupi biaya defisit tersebut.

“Kami berharap iuran yang ditetapkan akan mampu membiayai program peningkatan fasilitas rumah sakit dan tentu permasalahan dari tahun ke tahun ini (defisit bisa dihindari),” papar Iqbal. Sebelumnya Menkeu Sri Mulyani menuturkan untuk penalangan defisit BPJS Kesehatan oleh pemerintah, Kemenkeu telah melakukan pembayaran dana talangan hingga Desember 2018. Pihaknya juga telah membayarkan iuran segmen penerima bantuan iuran (PBI) hingga 12 bulan.

"Sudah kita bayarkan bahkan untuk tahun ini sudah kita bayarkan lunas hingga bulan 12. Untuk TNI, Polri juga sudah kita bayarkan, bahkan untuk 3 4 tahun berturut turu beri tambahan injeksi kepada BPJS kesehatan, selain PBI tadi," pungkas Sri Mulyani.

Baca Juga

Terapkan Rumus 20-20-20 Hati-hati Mata Kelelahan

Reima Eisya

Platform Manajemen Kesehatan Berbasis AI Pertama Dari & buat Indonesia

Reima Eisya

Menurunkan Gula Darah hingga Memerkuat Tulang 7 Manfaat Timun Bagi Kesehatan

Reima Eisya

Flu Tak Kunjung Sembuh, Bernapas Hanya dengan Satu Hidung, Beauty Vlogger Rachel Goddard Dioperasi

Reima Eisya

Audrey Dikeroyok, Ini Penjelasan Medis Mengapa Remaja Emosional dan Butuh Peran Orangtua

Reima Eisya

Lakukan 7 Cara Sederhana Ini di Rumah Kantong Teh Dapat Atasi Iritasi Mata Cara Atasi Iritasi Mata

Reima Eisya

Satu Ginjal Diangkat Terungkap Fakta-fakta Mengapa Vidi Aldiano Tiba-tiba Kanker Ginjal Stadium 3

Reima Eisya

Dugaan Penyebaran Virus Corona di Kantor Gedung BRI Jakarta

Reima Eisya

7 Kesalahan Pakai Celana Dalam Ini Bisa Memicu Kanker Rahim, Jangan Dibiasakan

Reima Eisya

Kader Partai Demokrat Ungkap Upaya Dokter Stabilkan Kondisi Ani Yudhoyono, Harus Ditidurkan

Reima Eisya

Manfaat Tersembunyi Susu, Bisa Turunkan Tekanan Darah dan Melindungi Otak

Reima Eisya

Diujicoba Pada Tikus yang Terpapar Sel Kanker, Peneliti Ini Kaget dengan Khasiat Kayu Bajakah

Reima Eisya

Leave a Comment