Kesehatan

Cara Alami Mengatasi Gondongan yang Dialami Anak-Anak

Cara Alami Mengatasi Gondongan yang Dialami Anak-Anak

Gondongan merupakan masalah yang terjadi pada kelenjar air ludah karena pembengkakan. Anak-anak yang mengalami kondisi ini akan kesulitan untuk menelan dan mengunyah, bahkan bisa terasa sangat sakit. Anda bisa mengatasi penyakit ini dengan menggunakan cara yang alami. Berikut ini ada 8 cara alami yang bisa dilakukan untuk mengatasinya.

Air Putih

Air putih memiliki khasiat terbaik untuk mengatasi penyakit ini karena bisa membantu meningkatkan imunitas. Anda perlu memberikan air putih secara cukup kepada anak-anak agar terhindar dari dehidrasi. Jika anak mengalami dehidrasi bisa membuat daya tahan tubuhnya menurun.

Bawang Putih

Obat alami yang bisa digunakan untuk mengatasi penyakit ini adalah bawang putih yang aman untuk anak-anak. Ada kandungan allicin yang dapat meningkatkan imunitas tubuh. Cara memberikannya sangat mudah, Anda bisa mencampurkan bawang putih ke dalam makanan sebagai bumbu yang sudah dihaluskan.

Lidah Buaya

Cara alami lainnya bisa menggunakan lidah buaya dengan cara mengompreskannya. Bagian daging lidah buaya akan membantu untuk menghilangkan rasa nyeri yang dialami anak Anda, sehingga bisa kembali menelan tanpa adanya masalah.

Cara lain penggunaannya bisa dioleskan ke bagian leher anak secara perlahan. Pembengkakan dan peradangan akan mereda dengan cepat. Rasa dingin dari lidah buaya membuat anak merasa lebih segar dan Anda bisa melakukannya dua atau tiga kali dalam sehari selama masih terlihat bengkak.

Es Batu

Anda bisa juga menggunakan es batu untuk melakukan kompres agar pembengkakannya bisa hilang. Caranya dengan membalut es batu menggunakan kain dan menempelkannya langsung ke bagian kulit yang mengalami gondongan. Peradangan yang terjadi bisa mereda dengan cepatnya jika dilakukan kompres secara rutin dan lakukan dengan pelan-pelan.

Jahe

Jahe bisa menjadi salah satu cara untuk mengatasi penyakit ini pada anak-anak dengan fungsinya meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu juga mengatasi risiko peradangan yang terjadi karena adanya kandungan anti radang dan bisa menghangatkan tubuh anak.

Cara menggunakannya Anda hanya perlu menghaluskan jahe atau memarutnya. Campurkan dengan sedikit air dan oleskan area yang bengkak di leher tersebut. Jahe ini juga akan membantu meredakan rasa nyeri yang terjadi di bagian lehernya.

Istirahat

Saat anak mengalami penyakit ini Anda harus memastikan anak banyak istirahat jangan terlalu banyak bergerak. Tujuannya agar sistem kekebalan tubuh cepat kembali pulih. Selain itu, cegah anak untuk berbicara terlalu sering agar bagian rahang yang bengkak bisa beristirahat, sehingga pembengkakannya tidak semakin parah.

Asupan Makanan

Anak-anak yang mengalami gondongan perlu Anda perhatikan asupan makanannya. Pastikan makanan yang dikonsumsi lunak, sehingga mudah dicerna. Tujuannya agar tidak mengalami peradangan yang semakin parah. Beberapa pilihan makanan yang bisa diberikan adalah bubur nasi, kentang rebus, daging yang sudah dihaluskan, dan sayuran tim.

Air Garam

Cara alami berikutnya dengan menggunakan air garam karena bisa saja gondongan terjadi disebabkan kekurangan yodium. Cara mengatasinya dengan berkumur menggunakan air garam yang dilakukan tiga kali sehari. Ini bisa digunakan pada anak-anak yang sudah bisa berkumur dengan baik biasanya di atas dua tahun.

Gondongan ini bisa terjadi kapan saja pada anak-anak maupun orang dewasa. Jika cara alami ini tidak memberikan perubahan yang signifikan Anda bisa langsung ke dokter untuk menggunakan obat antibiotic agar segera sembuh. Penyebab penyakit ini salah satunya bisa karena terinfeksi virus karena itu Anda harus menjaga kebersihan anak sepanjang harinya.

Baca Juga

Menjawab Kemungkinan Penderita Stroke Bisa Sembuh & Hidup Normal

Reima Eisya

Manfaat Puasa Untuk Tubuh, Detoks Hingga Kembalilan Fungsi Sel yang Malas Kerja

Reima Eisya

Ternyata Bisa Bantu Menurunkan Berat Badan 6 Manfaat Rambut Jagung buat Kesehatan Tubuh

Reima Eisya

Masyarakat wajib Diajarkan Teknik Menyikat Gigi yang betul Cegah Gusi Berdarah

Reima Eisya

Alasan Umum Kenapa Junk Food Disukai Banyak Orang, Padahal Tidak Sehat

Reima Eisya

Insan Medika Sediakan Layanan Perawat Lansia dan Home Care Kekinian

Reima Eisya

Jangan Sampai Terlambat menuju Rumah Sakit Gejala Penyakit pada Anak yang Sebaiknya Diketahui Orangtua

Reima Eisya

Empat Trik Sederhana Hindari Virus Corona Ala Ahli Kesehatan Masyarakat

Reima Eisya

Waspada Muntah & Diare Gejala & Cara Pencegahan dari Keracunan Makanan

Reima Eisya

Simak Trik Aman Memilih Dari Guru Besar UGM Benarkah Ramuan Herbal Ampuh Obati Covid-19

Reima Eisya

Salah Satunya Cegah Nyeri Sendi Buktikan 5 Manfaat Minum Air Putih Hangat Berikut Ini Bangun Pagi

Reima Eisya

Simak Penjelasan Ahli Berapa Lama Durasi Bercinta yang Sehat

Reima Eisya

Leave a Comment