Techno

China Haramkan Kantor Pemerintahan Gunakan Komputer & Software Buatan Asing

— Pemerintah China memerintahkan kantor pemerintah untuk menyingkirkan komputer ataupun software buatan asing. Dalam kabar yang dirilis oleh Financial Times itu, Beijing dilaporkan ingin penyingkiran peranti itu terjadi dalam tiga tahun ke depan. Keputusan itu dibuat oleh Komite Pusat Partai Komunis China, di mana mereka mewajibkan kantor pemerintah menggunakan teknologi lokal.

Kebijakan itu diambil agar Negeri Panda itu bisa mengurangi ketergantungan akan komputer maupun software buatan asing. Analis pasar kepada FT, dikutip Sky News, Senin (9/12/2019), berujar, ada sekitar 30 juta peranti yang bakal dimusnahkan buntut kebijakan itu. Penggantian itu dilaporkan bakal berlangsung bertahap. Sebanyak 30 persen peranti bakal diganti pada 2020 mendatang.

Kemudian 50 persen komputer ataupun software asing bakal dilenyapkan pada 2021, dan sisanya terjadi setahun setelahnya. Instruksi dari Partai Komunis China itu hanya berefek pada kantor pemerintah, di mana sektor swasta masih diizinkan membeli dari luar negeri. Arahan tersebut terjadi di tengah upaya China dan Amerika Serikat (AS) dalam mencari solusi atas perang dagang mereka.

Perang tarif yang diberlakukan dua negara adidaya itu membuat pertumbuhan ekonomi China mengalami perlambatan terparah pertama dalam 30 tahun terakhir. Presiden AS Donald Trump mengklaim, negosiasi itu mengalami peningkatan di tengah perang dagang yang berlangsung selama 18 bulan. Washington bakal menerapkan tarif atas impor dari Beijing lebih dari 150 miliar dollar AS (Rp 2.101 triliun) jika tenggat waktu pada 15 Desember tak tercapai.

Arahan dari partai komunis terjadi setelah AS menjatuhkan serangkaian sanksi kepada raksasa telekomunikasi Huawei, Mei lalu. Dalam pertemuan NATO pekan lalu, Perdana Menteri Inggris Boris Johnson menyatakan, dia siap mengikuti langkah AS yang melarang Huawei. Penulis : Ardi Priyatno Utomo

Baca Juga

Feet’s Perkenalkan Platform Baru Kelola Keterlibatan Karyawan di Era Digital

Reima Eisya

11 Juli Huawei Cloud Gelar Indonesia Enterprise Service Summit 2019

Reima Eisya

Sudah Bisa Update iOS 13, Ini Fitur Baru yang Bisa Kalian Coba, Begini Cara Download iOS 13

Reima Eisya

Keyboard Tak Adopsi Butterfly MacBook 16 Inci Akhirnya Dirilis

Reima Eisya

ADVAN sebagai Smartphone Terbaik 2019 di PULSA Editors’ Choice 2019

Reima Eisya

Edukasi Islami Menggunakan Boneka yang Memiliki Kecerdasan Buatan

Reima Eisya

Kemampuan Foto & Gaming Superior 9 Juta Harganya Rp 2 Spesifikasi Xiaomi Redmi Note 8 Pro

Reima Eisya

THR Sebentar Lagi, Rencanakan Hadiah Lebaran Untuk Orang Terdekat

Reima Eisya

Lanjutkan Seru Kemerdekaan, Cashbac Hadirkan Dua Promo Lagi

Reima Eisya

Dijual 300 Unit Saja, Ini Keistimewaan Oppo Reno 10x Zoom FC Barcelona Limited Edition

Reima Eisya

Harga 5 Jutaan Sudah Dijual Di Pasaran, Vivo V15 Pro Punya Segudang Fitur Berkelas!

Reima Eisya

Whatsapp Sempat Error Sejak Kamis Dini Hari

Reima Eisya

Leave a Comment