Sport

Intip Kilas Balik Indonesia Tahun Lalu BWF Tour World Finals 2019 Bakal Ditayangkan TVRI

Komitmen TVRI sebagai televisi rumah bulutangkis diwujudkan dengan menayangkan turnamen elite Badminton World Federation (BWF) sepanjang 2019. Dengan mengusung jargon #TVRIrumahbulutangkis, sebanyak 10 turnamen bergengsi akan ditayangkan TVRI. Hal ini dibenarkan oleh Director of Program and News Affair TVRI, Apni Jaya Putra melalui akun Twitter resminya @Apni mengunggah daftar mayor event BWF yang nantinya disiarkan oleh TVRI.

Dikutip dari BolaSport.com , komitmen tersebut dibuktikan TVRI dengan tidak hanya menayangkan turnamen elite internasional, tetapi juga 8 ajang Sirkuit Nasional dan Kejuaraan Nasional PBSI selama 2019. Bahkan, masih menurut Apni, TVRI bakal memegang hak siar major event BWF untuk periode 2019 2021. 1. All England Open BWF World Tour Super 1000 yang digelar di Birmingham, Inggris pada 6 10 Maret 2019.

2. Malaysia Open BWF World Tour Super 750 yang digelar di Kuala Lumpur, Malaysia pada 2 7 April 2019. 3. BWF Sudirman Cup Grade 1 Team Tournament yang digelar di Nanning, China pada 19 26 Mei 2019. 4. Japan Open BWF World Tour Super 750 yang digelar di Tokyo, Jepang pada 23 28 Juli 2019.

5. BWF World Championships Grade 1 Individual Tournament yang digelar di Basel, Swiss pada 19 25 Agustus 2019. 6. China Open BWF World Tour Super 1000 yang digelar di Changzhou, China pada 17 22 September 2019. 7. Denmark Open BWF World Tour Super 750 yang digelar di Odense V, Denmark pada 15 20 Oktober 2019.

8. French Open BWF World Tour Super 750 yang digelar di Paris, Prancis pada 22 27 Oktober 2019. 9. Fuzhou China Open BWF World Tour Super 750 yang digelar di Fuzhou,China pada 5 10 November 2019. Sembilan ajang elite Super Series dan dua Mayor Event sudah selesai digelar, tapi masih ada satu turnamen prestisius sekaligus menjadi penutup tahun yang akan ditayangkan oleh TVRI Nasional dan Sport HD.

TVRI akan menayangkan laga turnamen pamungkas BWF World Tour Finals 2019 yang bakal berlangsung sepekan lagi. Sayangnya, sampai berita ini ditulis belum ada informasi lebih lanjut terkait jadwal penayangan turnamen ini. BWF World Tour Finals 2019 merupakan kejuaraan bulutangkis akbar yang sekaligus menjadi penutup dari rangkaian BWF World Tour 2019.

Dalam lingkup BWF World Tour, BWF World Tour Finals ini memiliki perbedaan yang signifikan dibanding ajang Super Series lainnya. Pasalnya, tak sembarangan pemain bisa ikut serta dalam kejuaraan ini. Setidaknya, mereka harus melalui 26 turnamen Super Series untuk mengumpulkan poin agar bisa memasuki daftar unggulan.

Atau menjadi delapan terbaik dalam jajaran BWF World Ranking. Persaingan makin sengit lantaran setiap negara dibatasi, mengirimkan maksimal hanya dua wakil untuk masing masing sektor. Artinya, jika dalam ranking delapan besar terdapat tiga wakil dari negara yang sama, maka posisi terbawah otomatis akan digugurkan.

Sebuah tiket istimewa juga disediakan secara otomatis bagi pemilik gelar juara dunia, meski mereka tidak termasuk dalam posisi 8 besar dunia. Lalu kedelapan peserta nantinya akan dibagi ke dalam dua grup melalui sistem undian, yang juga tetap memperhatikan status unggulan tiap pemain. Maka pemain unggulan pertama dan unggulan kedua tidak akan berada di dalam grup yang sama.

Dari tiap grup tersebut berisi empat kontestan yang akan diambil dua posisi teratas untuk bertanding pada babak semifinal dan final. Ajang ini akan berlangsung pada 11 15 Desember 2019 di Guangzhou, China. Meski tak membawa pulang satu pun gelar di ajang BWF World Tour Finals tahun lalu, kini Indonesia memiliki lebih besarpeluanguntuk menghadapi turnamen pamungkas tahun ini.

Pada gelaran BWF World Tour Finals 2018, Indonesia hanya mengirimkan 6 wakil yang tersebar pada empat sektor. Dua nama di tunggal putra, Anthony Sinisuka Ginting dan Tommy Sugiarto. Dua wakil andalan ganda putra, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo dan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan.

Satu wakil di ganda putri, Greysia Polii/Apriyani Rahayu, ganda campuran juga memiliki satu wakil Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja, serta nihil di wakil tunggal putri. Sayangnya, meski berada di unggulan pertama, Marcus/Kevin tidak berhasil membawa gelar lantaran Marcus Gideon mengalami cedera di leher belakangnya. Tahun ini, Indonesia menambah satu wakil di sektor ganda campuran yakni Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti yang sekarang berada di posisi lima besar dunia.

Selain itu, nama Tommy Sugiarto tercoret dan tergantikan oleh Jonatan Christie yang kini berada di posisi enam dunia. Selebihnya, skuat Indonesia masih nama nama yang sama di tahun kemarin. Setiap sektor akan dibagi menjadi dua grup dengan empat peserta.

Lalu, setiap peserta akan melakoni laga melawan tiga peserta lain di babak penyisihan grup. Untuk bisa memasuki babak pertama peserta setidaknya harus mendapat dua kemenangan dari tiga laga di masing masing grup. Akan ada dua wakil yang mewakili grupnya untuk melawan wakil dari grup lain.

Setelah mendapatkan empat wakil, barulah memasuki babak pertama final BWF World Tour Finals. Tak berhenti di sana, keempat wakil kembali beradu untuk memperebutkan posisi semifinal sampai akhirnya berada di babak final. Uniknya, sebelum melakoni laga BWF World Tour Finals para pebulu tangkisterlebih dahulu disambut dalam acara gala dinner.

Acara tersebut menjadi acara resmi sebagai penyambutan sekaligus penghargaan kepada atlet bulutangkis dunia. Sementara Indonesia sudah memastikan tujuh wakil ke BWF World Tour Finals 2019.

Baca Juga

Indonesia Kirimkan 8 Wakil Update Ranking BWF Pekan Terakhir di 2019

Reima Eisya

Jadwal Tanding Thailand Open 2019 Babak 32 Besar Hari Kedua, Ada Derby Indonesia di Ganda Putri

Reima Eisya

Valentino Rossi Gagal Karena Raih Hasil Kurang Bagus di Sesi Kualifikasi kata Massimo Meregalli

Reima Eisya

8 Wakli Indonesia Tampil Hari Ini Termasuk Ahsan/Hendra Live Streaming Malaysia Masters 2020

Reima Eisya

Team Spirit & Gambit Esports Angkat Koper Update MDL Chengdu Major Babak Playoff Hari Pertama

Reima Eisya

Penerjun Payung Nalia Novaranti Ajari Olivia Zalianty Sky Diving Indoor

Reima Eisya

Pol Espargaro Yakin Barcelona Juara Liga Champions Musim Ini

Reima Eisya

3 Wakil Unggulan dari 10 Besar Dunia Daftar Pemain Tim Putra Bulutangkis di Final SEA Games 2019

Reima Eisya

Latihan Bebas Dimulai Jumat Pekan Depan Jadwal MotoGP Valencia 2019 Sirkuit Ricardo Tomo

Reima Eisya

Jadwal Afghanistan Vs Indonesia Semifinal Futsal Piala Asia U 20 2019, Sore Ini Live MNC TV

Reima Eisya

Alex Marquez Ternyata bukan Pilihan Pertama Repsol Honda buat Gantikan Jorge Lorenzo

Reima Eisya

Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana Juara di Hyderabad Open 2019

Reima Eisya

Leave a Comment