Bisnis

Jasa Marga Pertimbangkan Tambah Lajur Tol Jakarta-Cikampek Sering Macet

PT Jasa Marga (Persero) Tbk tengah mengkaji untuk menambah satu lajur permanen di Jalur A Jalan Tol Jakarta Cikampek. Hal ini dilakukan guna memperlancar arus lalu lintas, menyusul kepadatan yang terjadi akibat pertemuan jalur atas atau Jalan Tol Jakarta Cikampek II Elevated atau Tol Layang Jakarta Cikampek dengan tol eksisting. "Ke depan sedang dikaji penambahan permanen satu lajur di bawah untuk smoothing proses merging jalur atas dan bawah," Corporate Communication & Community Development Group Head PT Jasa Marga (Persero) Tbk Dwimawan Heru Santoso, Rabu (25/12/2019).

Penambahan kapasitas jalan ini dilakukan mulai off ramp KM 48 A. Untuk sementara, lanjut Heru, kepadatan ditangani dengan rekayasa lalu lintas berupa lawan arus atau contra flow dari KM 47 hingga KM 61 sebagai tambahan kapasitas satu lajur arah Cikampek. Rekayasa lawan arus ini sudah dilakukan beberapa hari sebelumnya dan juga Rabu (25/12/210) ini yang dimulai pada pukul 09.55 WIB.

Pemberlakuan contra flow dilakukan atas diskresi Kepolisian. Untuk mendukung kelancaran contra flow, Jasa Marga menyiagakan petugas dan penyiapan rambu rambu. Selain penambahan kapasitas, rekayasa buka tutup rest area 50 A diberlakukan jika terjadi kepadatan. Terkait hal ini, Jasa Marga juga tengah mempertimbangkan untuk merelokasi rest area tersebut ke titik lainnya.

Kepadatan lalu lintas di titik pertemuan Tol Layang Jakarta Cikampek dan tol eksisting juga menjadi perhatian Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono. Berdasarkan data sementara Asosiasi Tol Indonesia (ATI), selama dua hari perhelatan mudik tanggal 21 22 Desember 2019 sebagai puncak arus mudik Nataru, total volume kendaraan Tol Layang Jakarta Cikampek ke arah timur, masing masing sebanyak 121.000 unit dan 145.000 unit.

Baca Juga

Pendapatan Tunai iCar Asia Tumbuh 25 Persen di Kuartal Pertama 2019

Reima Eisya

Viral Isu Bandara Soekarno Hatta Dijual Ke Hong Kong, Angkasa Pura II: Itu Hoaks

Reima Eisya

4 T di Kuartal III 2019 Hero Bukukan Penjualan Rp 9 Paparan Publik Tahunan

Reima Eisya

Indonesia Properti Expo Berikan Kemudahan Masyarakat Berpenghasilan Rendah Memiliki Rumah

Reima Eisya

Ekonomi DKI Jakarta Tumbuh 6,2 Persen Year on Year, Inflasi Turun Dibanding 2017

Reima Eisya

4 Triliun buat ATM Bank Mandiri Alokasikan Sekitar 85 Persen dari Rp 33

Reima Eisya

Berangkat dari Stasiun Gambir Jakarta Catat! Jadwal Kereta Api Terbaru per 1 Desember 2019

Reima Eisya

Ada yang Takut Dibongkar Jawab Tuduhan Soal Terima Suap Jiwasraya Erick Thohir

Reima Eisya

Inaplas Dorong Sistem Pengelolaan Terintegrasi buat Penanganan Sampah Plastik

Reima Eisya

WE+ Kenalkan Akses Klaim Asuransi Terluas di Indonesia

Reima Eisya

Hari ini Ahok Rapat Perdana Dewan Komisaris

Reima Eisya

TransNusa Optimistis Capai Target Infrastruktur Bandara Indonesia Timur Berkembang

Reima Eisya

Leave a Comment