Kesehatan

Jika Tangan Terlalu Kotor Gunakan Air & Sabun Cara Menggunakan Hand Sanitizer yang Benar

Cara Menggunakan Hand Sanitizer Benar dan efektif cukup mudah dilakukan, namun apabila tangan terlalu kotor atau berminyak, sebaiknya gunakan air. Melansir , Minggu (29/3/2020) hand sanitizer dengan bahan utama alkohol dapat dengan cepat mengurangi jumlah mikroba di tangan dalam beberapa situasi, namun tidak dapat menghilangkan semua jenis kuman. Meski lebih dianjurkan untuk mencuci tangan menggunakan sabun dan air, tetapi disaat keduanya tidak tersedia, Hand Sanitizer yang mengandung setidaknya 60 persen alkohol bisa digunakan.

Hand sanitizer digunakan dengan mengoleskan ke kulit tangan hingga kering. Namun, jika tangan dalam keadaan kotor atau berminyak, Anda harus mencucinya terlebih dahulu dengan sabun dan air. Semprotkan atau oleskan sanitizer ke telapak tangan.

Gosok tangan Anda dengan seksama. Pastikan Anda menggosok seluruh permukaan tangan dan semua jari. Lanjutkan menggosok selama 30 hingga 60 detik atau sampai tangan Anda kering. Diperlukan waktu setidaknya 60 detik, dan terkadang lebih lama, untuk pembersih tangan membunuh sebagian besar kuman.

Selain itu, dalam mencuci tangan dengan sabun dan air juga ada tata cara yang benar. 1. Basahi tangan dengan air 2. Tuangkan sabun secukupnya hingga menyeluruh

3. Gosokkan kedua telapak tangan 4. Telapak tangan di atas punggung tangan kiri dengan jari saling terkait dan sebaliknya 5. Gosokkan kedua telapak dengan jari saling terkait

6. Kedua telapak tangan saling berhadapan kemudian jari saling mengunci 7. Gosok jempol kiri memutar sambil digenggam telapak tangan kanan dan sebaliknya 8. Jari tangan menguncup pada telapak kiri, gosok memutar ke belakang dan ke depan, lalu sebaliknya

9. Bilas tangan dengan air mengalir 10. Keringkan sempurna dengan tisu sekali pakai 11. Gunakan tisu untuk mematikan keran

12. Tangan sudah aman Setelah batuk atau bersin Ketika merawat orang sakit

Sebelum dan setelah mengolah makanan Sebelum makan Setelah ke toilet

Ketika tangan terlihat kotor Setelah mengurus hewan atau kotoran hewan Selain itu, WHO juga merilis resep membuat Hand Sanitizer.

Melansir WHO.int, sebelum membagikan dan merekomendasikan dua formula yang dianjurkan untuk digunakan di seluruh dunia, WHO telah mempertimbangkan berbagai faktor. Termasuk logistik, ekonomi, keselamatan, budaya, dan agama. Rekomendasi WHO ini untuk membuat Hand Sanitizer produksi lokal, dengan maksimum 50 liter per lot.

Ethanol 96 persen Hydrogen peroxide 3 persen Glycerol 98 persen

Air matang dingin atau air suling Isopropyl alcohol 99.8 persen Hydrogen peroxide 3 persen

Glycerol 98 persen Air matang dingin atau air suling Botol kaca atau plastik 10 liter dengan tutupnya.

Tangki plastik 50 liter (lebih disukai dalam polypropylene atau kepadatan tinggi) polietilen, tembus pandang sehingga dapat melihat tingkat cairan). Tangki stainless steel dengan kapasitas 80 100 liter. Pengaduk kayu atau logam.

Silinder pengukur dan kendi pengukur. Corong plastik atau logam. 100 ml botol plastik dengan tutup anti bocor.

500 ml gelas atau botol plastik dengan tutup. Alkoholometer: skala suhu di bagian bawah dan konsentrasi etanol. Ethanol 96%: 8333 ml

Hydrogen peroxide 3%: 417 ml Glycerol 98%: 145 ml Isopropyl Alkohol 99.8%: 7515 ml

Hydrogen peroxide 3%: 417 ml Glycerol 98%: 145 ml 1. Alkohol sebagai formula digunakan dituangkan ke dalam botol atau tangki besar.

2. Hidrogen peroksida ditambahkan menggunakanmengukur silinder. 3. Gliserol ditambahkan menggunakan mengukur silinder. Gliserol sangat kental dan menempel dinding pengukur silinder, itu harus dibilas dengan suling steril atau air rebusan dingin lalu dikosongkan ke dalam botol/tangki.

4. Botol/tangki kemudian diisi hingga 10 liter suling steril atau air matang dingin. 5. Tutup sesegera mungkin untuk menghindari penguapan. 6. Kocok dengan perlahan agar semua tercampur.

7. Jika sudah tercampur, segera pindahkan ke tempat lebih kecil, misal plastik 500 atau 100 ml botol. 8. Diamkan dulu selama 72 jam sebelum digunakan. Untuk lebih lengkapnya bisa disimak di

Baca Juga

Ini 5 Sindrom Lain yang Bisa Dialami Ibu Hamil Selain Mirror Syndrome yang Dialami Irish Bella

Reima Eisya

Amalan Sunnah Berbuka Puasa Ini Ternyata Menyehatkan Tubuh

Reima Eisya

Bagi Penderita Diabates Mungkin Kaget Gula Darah Cenderung Naik di Pagi Hari

Reima Eisya

Ini 6 Cara Salah Menggendong Bayi Ternyata Bisa Bahayakan Kesehatan Sering Dilakukan

Reima Eisya

Hindari 8 Kebiasaan Buruk Ini Agar Tetap Sehat Diabetes Juga Bisa Serang Anak Muda

Reima Eisya

Dugaan Penyebaran Virus Corona di Kantor Gedung BRI Jakarta

Reima Eisya

Siswa Peneliti Khasiat Tanaman Bajakah Khawatir Masyarakat Salah Konsumsi

Reima Eisya

Bahan Alami untuk Sembuhkan Sakit Tenggorokan, Tersedia di Rumah dan Tak Sulit Mencari

Reima Eisya

Apa Iya Makanan Tertentu Picu Jerawat

Reima Eisya

Kader Partai Demokrat Ungkap Upaya Dokter Stabilkan Kondisi Ani Yudhoyono, Harus Ditidurkan

Reima Eisya

Indikasi Warna Kulit hingga Benjolan 4 Tanda buat Deteksi Kanker Payudara Stadium 1

Reima Eisya

Kafein Bisa Buat Usus Besar Alami Kontraksi 4 Alasan Perut Mulas Setelah Minum Kopi

Reima Eisya

Leave a Comment