Travel

Kenapa Penumpang Tak Boleh Sembarangan Tukar Tempat Duduk di Pesawat?

Kamu yang sering traveling menggunakan pesawat tentu pernah menemukan kondisi dimana ada beberapa tempat duduk di pesawat yang kosong kan? Pasti sebagian dari kamu, pernah berpikiran untuk pindah tempat duduk dan mengisi kursi yang kosong tersebut. Tapi tahukah kamu, jika ada larangan terkait penumpang yang dilarang pindah tempat duduk di pesawat.

Bukan tanpa alasan, larang ini berkaitan dengan keselamatan penerbangan dan penumpang itu sendiri. Aturan ini memang sedikit berbeda dengan moda transportasi lain yang memperbolehkan para penumpangnya pindah tempat duduk kapanpun. Ternyata larangan pindah tempat duduk di pesawat ini terkait dengan potensi kecelakaan pesawat.

Lembaga regulator penerbangan sipil di Amerika Serikat, Federal Aviation Administration (FAA) pun mengeluarkan aturan ketat terkait aturan tersebut. Satu hal yang harus diketahui penumpang, saat pesawat berada dalam proses lepas landas, saat itu juga pilot harus menyeimbangkan pusat gravitasi pesawat. Caranya adalah dengan mengetahui distribusi berat di pesawat secara teliti untuk mempertahankan kecepatan udara.

Ketika perhitungan tak akurat, maka pesawat bisa jatuh saat lepas landas. Untuk itu, pilot harus mengetahui barat pesawat atau nomor indeks. Tujuannya tentu saja untuk mengatur trim yang digunakan untuk mempertahankan kecepatan udara.

"Jika trimnya salah, maka pesawat itu bisa jatuh saat lepas landas," kata seorang pilot bernama Magnar Nordal pada Quora. Sementara itu, Darren Patterson, pilot di salah satu maskapai AS, mengatakan bahwa hal itu tidak terlalu berpengaruh pada pesawat besar. "Pada pesawat yang besar dan lebar, satu orang dapat memindahkan 10 baris kursi dan efeknya pada keseimbangan dapat diabaikan," ujar Patterson, dikutip dari BBC.

Menurut United Airlines, beberapa kursi sengaja dikosongkan untuk 'alasan operasional'. Itulah alasan mengapa penumpang dilarang berpindah tempat duduk sesuka hati. Untuk pesawat berbadan besar dan lebar, perpindahan penumpang tidak terlalu berpengaruh.

Namun berbeda dengan pesawat regional yang berbadan lebih kecil dan sempit. Meski demikian, saat pesawat sudah berhasil lepas landas, para penumpang tak perlu takut berjalan atau berpindah tempat. Karena hal ini tidak akan berpengaruh pada distribusi berat di pesawat selama terbang.

Baca Juga

Ini 5 Tempat Wisata yang Tidak Dilewatkan Liburan Natal & Tahun Baru di Palembang

Reima Eisya

Turis Aljazair Ini Nekat Berenang dari Timor Leste menuju Australia Visa Tinggal Habis

Reima Eisya

Ini Alasan Pelayannya Punya ‘Skill Dewa’ Fakta Unik Rumah Makan Padang

Reima Eisya

Rute Penerbangan Jakarta-Shanghai Tarif dari Rp 2 Jutaan Tiket Murah menuju China

Reima Eisya

Jadi Penasihat Seni, Happy Salma Siap Gelar Pertunjukan di The Apurva Kempinski Bali

Reima Eisya

Rekomendasi 5 Tempat Belanja Barang Murah Kualitas Ekspor di Vietnam

Reima Eisya

Resep Semur Daging Sapi Empuk dan Lezat untuk Sajian Khas Lebaran

Reima Eisya

Ini 4 Fakta Unik Thailand yang Perlu Diketahui Para Wisatawan Jangan Asal Masuk Toilet

Reima Eisya

Rekomendasi 7 Tempat Seru Buat Ngabuburit Bareng Keluarga di Surabaya

Reima Eisya

6 Tempat Wisata Populer di Sukoharjo yang Cocok untuk Liburan Akhir Pekan

Reima Eisya

Wisata di Malang buat Liburan Natal & Tahun Baru Panduan Mengunjungi Pantai Tiga Warna

Reima Eisya

7 Tempat Wisata di Penajam Paser Utara, Wajib Dikunjungi saat Liburan ke Kalimantan Timur

Reima Eisya

Leave a Comment