Sport

Kompetisi Bola Basket Putri Srikandi Cup 2020 Segera Bergulir

Srikandi Cup musim 2020 akan segera dilangsungkan. Musim ini ada enam klub yang bertarung menjadi juara. Srikandi Cup merupakan kompetisi bola basket antar klub putri di Indonesia.

Dimulai sejak tahun 2017, saat ini Srikandi Cup adalah Liga Bola Basket putri tertinggi di Indonesia. Selain wahana kompetisi, Srikandi Cup juga berfungsi sebagai ajang pembinaan dan penjaringan pebasket muda putri untuk Tim Nasional Indonesia. Srikandi Cup 2020 akan bergulir dalam 4 seri plus babak final four, yaitu di Cirebon, Jakarta, Makassar, dan berakhir di Semarang.

Jelang kompetisi, pihak Srikandi Cup menjalin kerja sama dengan pabrikan bola basket dunia asal Jepang, Molten, selama dua tahun ke depan (hingga 2020). Bola basket Molten memang sudah dipakai menjadi bola resmi Srikandi Cup pada beberapa musim sebelumnya. "Srikandi Cup resmi menggunakan bola Molten tipe terbaru yakni B6G4500."

"Mewakili keluarga besar Srikandi Cup, kami mengucapkan terima kasih kepada Molten atas kontribusinya selama ini kepada liga basket putri Indonesia," ucap Ketua Koordinator Srikandi Cup, Deddy Setiawan(23/10/2019) dilansir . Turnamen Srikandi Cup 2020 diawali dengan Pertandingan Pra Musim di GOR Gelanggang Remaja Pekanbaru, Provinsi Riau, 12 18 Januari 2020. Selanjutnya akan berlangsung Empat Seri Reguler dan Satu Seri Final Four.

Dalam pramusim ini yang menarik adalah kegiatan ini justru diselenggarakan di kota yang tak memiliki klub perwakilan di kompetisi tersebut. "Sengaja begitu karena untuk merangsang antusiasme klub klub di kota itu untuk membina pemain," ujar Deddy kepada Kompas.com. "Kami akan membuka kesempatan bagi klub yang ingin bergabung di Srikandi Cup dengan catatan akan dilakukan verifikasi supaya liganya kompetitif," ucap dia melanjutkan.

Dan pada gelaran pramusim kali ini, klub GMC Cirebon menjadi juara pramusim Piala Srikandi Cup 2020. Sementara salah satu pertandingan yang menarik adalah ketika laga bertajuk Derbi Jakarta antara Scorpio Jakarta melawan Tanago Friesian Jakarta. Dalam laga ini, Scorpio Jakarta berhasil menang meskipun dengan skor tipis 51 48 Rabu (15/1/2020).

Pasca pertandingan, pelatih utama Scorpio Jakarta, Budi Wardoyo menjelaskan bagaimana timnya bisa memenangkan pertandingan. "Stamina pemain kami terbatas jadinya banyak turnovers dan pressure justru berbalik ke Scorpio ketika kami ditekan dibabak kedua." "Untuk skema penyerangan sebenarnya sistem kami sudah berjalan dengan baik, tapi sayangnya transisi offense ke defense kita kurang khususnya dalam masalah komunikasi," ungkap Budi dilansir laman resmi .

Turnamen Srikandi Cup Seri I nantinya akan dimulai di Cirebon. Sementara pada Seri ke II di Jakarta, Scorpio Jakarta akan menjadi tuan rumah dan memberikan akses gratis untuk pembukaan pada tanggal 11 Februari mendatang. Cirebon akan menjadi tuan rumah Seri I pada 3 8 Februari 2020

Jakarta akan menjadi tuan rumah Seri II pada 11 15 Februari 2020 Makassar akan menjadi tuan rumah Seri III pada 10 15 Maret 2020 Semarang akan menjadi tuan rumah Seri IV pada 7 12 April

Putaran Final Four akan berlangsung di Semarang pada 14 19 April

Baca Juga

Drawing Thailand Open 2019, Indonesia Kirim 25 Wakil, Tak Ada Nama Jojo dan Ginting

Reima Eisya

Tontowi/Winny Sumbang Poin Pertama di Kejuaraan Beregu Campuran Asia 2019

Reima Eisya

Kami Tidak Kuat Namun Siap Ungkapan Valentino Rossi Menyambut MotoGP 2020

Reima Eisya

Valentino Rossi Gagal Karena Raih Hasil Kurang Bagus di Sesi Kualifikasi kata Massimo Meregalli

Reima Eisya

Marquez Terjatuh Quartararo Pole Position Rekap Kualifikasi MotoGP Malaysia 2019 Sirkuit Sepang

Reima Eisya

Chen Yufei Tumbangkan Tai Tzu Ying dalam Waktu 37 Menit Hasil Final Malaysia Masters 2020

Reima Eisya

Indonesia Peringkat 2 Geser Vietnam capai 32 Emas TERBARU Klasemen Perolehan Medali SEA Games 2019

Reima Eisya

Indonesia Turunkan 17 Wakil Hasil Drawing Malaysia Masters 2020

Reima Eisya

Jelang Berlaga di SEA Games 2019, PB Perbakin Gelar Kejuaraan Internasional

Reima Eisya

Hasil FP2 MotoGP Austria 2019, Marc Marquez Tercepat, Valentino Rossi di Luar 10 Besar

Reima Eisya

Tim Basket CNN Indonesia Juara Invitasi Bola Basket Antar Media Nasional 2019

Reima Eisya

Pol Espargaro Yakin Barcelona Juara Liga Champions Musim Ini

Reima Eisya

Leave a Comment