Kesehatan

Lidah Buaya Hingga Jambu Biji Kayu Manis 9 Bahan Dapur buat Melawan Penyakit Diabetes

Diambil dari laman Departemen Kesehatan RI, estimasi jumlah penderita di Indonesia mencapai lebih dari 16 juta orang. Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) memperlihatkan peningkatan angka prevalensiDiabetesyang cukup signifikan, yaitu dari 6,9% di tahun 2013 menjadi 8,5% di tahun 2018. Diabetesadalah masalah yang meluas dan terus menerus meningkat para penderitanya.

Secara umum, ada dua jenis utamadiabetes. Yaitu,diabetestipe 1 di mana tubuh tidak menghasilkan insulin sama sekali dandiabetestipe 2 di mana tubuh tidak menghasilkan cukup insulin atau insulin yang diproduksi tidak bekerja dengan baik untuk menyerap gula dari darah kita. Gangguan hormon ini dapat menyebabkan penyakit jantung, stroke, gagal ginjal, kerusakan hati dan katarak, terlepas dari masalah kesehatan yang kurang serius lainnya. Ada beberapa perubahan gaya hidup sederhana yang dapat Anda lakukan untuk mencegah diabetes mengambil kebahagiaan hidup Anda.

Tetapi pengobatan rumahan adalah obat terbaik untuk menyembuhkan diabetes. Berikut adalah9bahan dapurterbaik yang bisa Anda gunakan untuk melawan diabetes: Kadar gula darah yang tinggi juga dapat menyebabkan masalah kaki pada penderita diabetes.

Seseorang mungkin mengalami gejala gejala seperti kehilangan sensasi pada kaki, lecet, kesemutan yang menyakitkan, kemerahan, perubahan warna kulit dan banyak lagi. Inilah semua yang perlu Anda ketahui tentang kaki diabetik. Inilah alasan lain mengapa penderita diabetes perlu mengontrol kondisinya. Diabetes telah ditemukan sebagai faktor risiko utama untuk aterosklerosis dan ini akhirnya menyebabkan penyumbatan arteri koroner, para peneliti telah memperingatkan.

Pare sangat membantu dalam mengendalikan diabetes karena efeknya menurunkan glukosa darah. Ini terjadi karena bahan kimia yang disebut Charantin. Pare cenderung mempengaruhi metabolisme glukosa di seluruh tubuh dan bukan hanya pada organ tertentu. Ini meningkatkan sekresi insulin pankreas untuk mencegah resistensi insulin.

Dengan demikian, pare bermanfaat untuk diabetes tipe 1 dan tipe 2. Namun, itu tidak dapat digunakan untuk sepenuhnya menggantikan pengobatan insulin. Sangat ideal untuk minum jus pare saat perut kosong setiap pagi. Juga, Anda dapat memasukkan satu hidangan yang disiapkan dengan pare setiap hari dalam diet Anda untuk manfaat maksimal.

Kayu manis mengontrol diabetes dan mengurangi kadar gula darah dalam tubuh dengan merangsang aktivitas insulin. Komponen bioaktifnya cinnamaldehyde, cinnamate, cinnamic acid, dan berbagai minyak atsiri dapat membantu Anda mencegah diabetes. Penelitian telah menunjukkan bahwa itu dapat bekerja sebagai pilihan efektif untuk menurunkan kadar gula darah dalam kasus diabetes tipe 2 yang tidak terkontrol, menurut laman NDTV .

Namun harus tidak diambil berlebihan karena dapat menyebabkan masalah pernapasan dan meningkatkan denyut jantung, yang menyebabkan keringat berlebih. Anda dapat mencampurkan setengah hingga satu sendok teh kayu manis ke dalam secangkir air hangat dan meminumnya setiap hari. Anda juga bisa menambahkan kayu manis ke teh, smoothie, dan makanan penutup yang dipanggang.

Jamblang atau duwet dapat membantu banyak dalam mengontrol kadar gula darah karena mengandung anthocyanin, asam ellagic, dan tanin yang dapat terhidrolisa yang merupakan jenis antioksidan. Hampir setiap bagian dari tanaman Jamun seperti daun, beri dan biji bijian adalah makanan super bagi mereka yang menderita diabetes. Penelitian telah menunjukkan bahwa biji tanaman ini memiliki efek hipoglikemik, yang berarti mereka mengurangi gula darah dan gula urin dengan cepat, meskipun tidak di bawah tingkat normal.

Anda bisa membuat bubuk biji buah jamun kering dan memakan bubuk ini dengan air dua kali sehari. Daun mangga yang lembut dan lembut dapat digunakan untuk mengendalikan diabetes dengan mengatur kadar insulin dalam darah. Daunnya mengandung Vitamin C, A dan tanin, yang merupakan antioksidan kuat yang membantu dalam pengobatan dini diabetes.

Senyawa lain yang disebut 3beta taraxerol, dan ekstrak etil asetat bersinergi dengan insulin untuk mengaktifkan GLUT4 dan merangsang sintesis glikogen. Untuk menggunakan ini, rendam 10 hingga 15 daun mangga dalam segelas air semalaman. Di pagi hari, saring airnya dan minum dengan perut kosong. Daun kari bermanfaat dalam mencegah dan mengendalikan diabetes karena memperlambat laju pemecahan pati menjadi glukosa pada penderita diabetes, menurut penelitian di King's College, London.

Gel lidah buaya membantu menurunkan kadar glukosa darah puasa. Ini mengandung pitosterol yang memiliki kemungkinan efek anti hiperglikemik untuk diabetes tipe 2. Kombinasi gel lidah buaya, daun salam dan kunyit sangat membantu untuk mengontrol gula darah. Jus lidah buaya juga dapat mengurangi lemak dan pembengkakan darah, efek samping umum dari diabetes.

Karena kandungan vitamin C dan seratnya yang tinggi, makan jambu biji bisa sangat membantu dalam menjaga kadar gula darah. Ini memperlambat metabolisme, memungkinkan penyerapan gula yang lebih baik dari makanan untuk menurunkan gula darah. Yang terbaik bagi penderita diabetes adalah tidak memakan kulit buah untuk mengurangi retensi gula.

Namun, konsumsi jambu biji terlalu banyak dalam sehari tidak dianjurkan karena mengandung kalium yang dapat menjadi racun bagi tubuh. Daun kemangi dikemas dengan antioksidan dan minyak esensial untuk meningkatkan sensitivitas terhadap insulin. Secara kolektif, senyawa senyawa ini, seperti eugenol, metil eugenol, dan caryophyllene membantu sel beta pankreas, yang bertanggung jawab untuk menyimpan dan melepaskan insulin, berfungsi dengan baik.

Keuntungan tambahan adalah bahwa antioksidan yang hadir dalam daun membantu mengalahkan efek buruk dari stres oksidatif. Selain itu, telah ditemukan bahwa kemangi meningkatkan produksi insulin dan menurunkan kadar glukosa puasa sebesar 7% dan kadar glukosa darah pasca makan sebesar 17%. Biji rami kaya akan antioksidan dan konsumsinya dapat menyebabkan penurunan resistensi insulin, mungkin karena pengurangan stres oksidatif dalam tubuh.

Mereka juga tinggi serat dan membantu penyerapan lemak dan gula yang tepat. Mengonsumsibiji ramimembantu mengurangi kadar gula postprandial diabetisi hingga hampir 28 persen dan meningkatkan sensitivitas insulin secara signifikan. Konsumsilah satu sendok makan bubukbiji ramisetiap pagi dengan perut kosong dengan segelas air hangat. Namun, jangan lebih dari 2 sendok makan per hari.

Anda mau mencobanya?(Intisari Online.com/K. Tatik Wardayati).

Baca Juga

Perhatikan Rasa & Bau yang Berubah 5 Ciri-ciri Susu Sudah Basi Tak Layak Lagi buat Dikonsumsi

Reima Eisya

Cinta Penelope Divonis Kanker, Ini 5 Kebiasaan Sepele yang Harus Dihindari Agar Tak Terkena Kanker

Reima Eisya

Hindari 8 Kebiasaan Buruk Ini Agar Tetap Sehat Diabetes Juga Bisa Serang Anak Muda

Reima Eisya

Bisa Meningkatkan Nafsu Makan 5 Manfaat Biji Buah Melon buat Kesehatan

Reima Eisya

Jangan Sampai Terlambat menuju Rumah Sakit Gejala Penyakit pada Anak yang Sebaiknya Diketahui Orangtua

Reima Eisya

Kader Partai Demokrat Ungkap Upaya Dokter Stabilkan Kondisi Ani Yudhoyono, Harus Ditidurkan

Reima Eisya

Jan Ethes Kembali Curi Perhatian, Ekspresinya Tenang Saat Diperiksa Gigi

Reima Eisya

Begini Caranya Agar Berat Badan Tetap Terjaga Tahan Hasrat Makan Berlebihan Selama di Rumah Saja

Reima Eisya

Sehat & Berkualitas melalui Solusi Sehati TeleCTG Bangun Manusia yang Unggul

Reima Eisya

Mudah & Menyehatkan Cara Membuat Infused Water Sendiri di Rumah

Reima Eisya

Manfaat Tersembunyi Susu, Bisa Turunkan Tekanan Darah dan Melindungi Otak

Reima Eisya

Salah Satunya Efektif Atasi Asam Lambung Sederet Manfaat Menakjubkan Lidah Buaya Bagi Tubuh

Reima Eisya

Leave a Comment