Otomotif

Menperin Resmi Buka GIICOMVEC 2020 di Tengah Kekhawatiran Virus Corona

Pameran kendaraan niaga dua tahunanGaikindo Indonesia International Commercial Vehicle Expo (GIICOMVEC) 2020 resmi dibuka oleh Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita di tengah kekhawatiran meluasnya penyebaran virus corona,hari ini Kamis 5 Maret 2020 di Jakarta Convention Center ( JCC), Jakarta. Pameran yang akan berlangsung sampai Minggu, 8 Maret 2020 ini memamerkan industri kendaraan niaga, industri pendukung dan karoseri menempati Hall A dan Hall B JCC Senayan. Dalam sambutannya, Menperin Agus Gumiwang mengaku bangga atas pencapaian industri otomotif nasional saat ini.

"GIICOMVEC 2020 merupakan bentuk dukungan Gaikindo untuk dorong penjualan kendaraan komersial dan untuk dukung pembangunan di sektor infrastruktur," ungkapnya dalam sambutan tertulis di pembukaan yang dihadiri sekitar 300 tamu dan undangan serta awak media. Menperin mengatakan, Indonesia mengalami tekanan besar warna corona saat ini yang membuat Pemerintah jadi sangat sibuk. "Tapi jangan ada upaya mendikotomikan antara covid 19 dengan pembangunan di sektor industri. Upaya membangun ekonomi tidak boleh tersandera," ujarnya.

Dia juga tidak menampik, kinerja industri otomotif nasional di 2019 tertekan oleh ketidakpastian ekonomi global. Ketua Umum Gaikindo Yohannes Nangoi mengatakan, menjadi sebuah kebanggaan bagi Gaikindo menyelenggarakan pameran yang mendorong pertumbuhan penjualan kendaraan komersial di Indonesia ini. GIICOMVEC digelar setiap dua tahun sekali. Pameran perdana digelar pada 2018.

Senada dengan Menperin, Yohannes mengatakan, tren industri otomotif nasional tahun lalu cukup kurang bagus bagi industri otomotif, tapi tahun ini diyakini akan membaik. "Gaikindo bangga, pameran yang diselenggarakannya dipilih oleh agen pemegang merk untuk meluncurkan produknya. Di pameran kali ini akan ada 5 kendaraan baru yang akan diluncurkan," ujarnya. Yohannes menambahkan, GIICOMVEC 2020 fokus pada upaya menggalang kesadaran bersama di kalangan pelaku industri otomotif, pelaku transportasi dan karoseri tentang pentingnya menjaga keselamatan di jalan raya.

"Kendaraan komersial tahun ini hadapi isi critical kecelakaan lalu lintas di jalan raya. WHO catat 1 juta korban laka meninggal di dunia.Indonesia peringkat ketiga," ujarnya. "Bagi Gaikindo keselamatan bukan pilihan namun merupakan keharusan. Kami terus mendorong keselamatan di jalan raya agar korban jiwa bisa dihindari," imbuhnya. GIICOMVEC 2020 menghadirkan peluncuran kendaraan baru oleh beberapa brand seperti Hino Mitsubishi Fuso dan Suzuki.

Pameran ini juga diikuti oleh beberapa pelaku industri otomotif ternama lainnya seperti Daihatsu, FAW, Isuzu, Kia, Mercedes Benz, Mitsubishi Motors, Toyota, UD Trucks, United Tractors dan lainnya serta karoseri bus Adi Putro. "Para pengguna kendaraan komersial juga dapat melengkapi dan mencari kebutuhan kendaraannya dengan bermacam suku cadang, aksesori, fitur teknologi dan perlengkapan lainnya di GIICOMVEC," ujar Ketua Umum Gaikindo, Yohannes Nangoi, Rabu (4/3/2020).

Baca Juga

Begini Wujud STNK Elektronik yang Baru Segera Diluncurkan

Reima Eisya

Pelumas buat Kendaraan Diesel yang Minum Biosolar B30 PanaOIL Cruiser Advance Plus

Reima Eisya

Volkswagen Berpotensi Besar Bangun Kembali Tipe Legenda

Reima Eisya

GM Memutuskan Hengkang Penjualan Chevrolet Terus Melorot di 2019

Reima Eisya

Grip Gas Motor Ditemukan Dalam Perut Wanita Ini, Alasannya Mengejutkan

Reima Eisya

Ini Cara Toyota Dekatkan Yaris dengan Millenial

Reima Eisya

Motor Langka KTM 300 EXC 6 Days TPi Erzberg Rodeo Dijual di IIMS Motobike 2019

Reima Eisya

Alasan Mobil Imut Lebih Laris di Jepang

Reima Eisya

Daftar Lengkap Harga Motor Matik Seken Kurang Rp 8 Juta, Usia di Bawah Lima Tahun

Reima Eisya

Mulai Rp 186 Jutaan Daftar Harga Mobil Grand New Xenia Terbaru 2019

Reima Eisya

Mirza berhasil capai Podium Setelah Start dari Pitlane Diwarnai Trouble ECU

Reima Eisya

Jangan Langsung Dinyalakan Buka Filter Udara Tips & Trik Merawat Motor yang Terendam Banjir

Reima Eisya

Leave a Comment