Nasional

PDIP Sebut Dirjen Imigrasi yang Tanggungjawab Soal Harun Masiku

Ketua DPP PDIP Djarot Saiful Hidayat mengatakan bahwa Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly yang berhak menegur Direktorat Jenderal Imigrasi perihal luputnya pantauan pada Caleg PDIP Harun Masiku yang kini menjadi buronan KPK. Pihaknya tidak berhak menegur Imigrasi soal tidak jelasnya keberadaan Harun yang menjadi tersangka kasus suap Komisioner KPU Wahyu Setiawan itu. "Pak Yasonna dong yang tegur imigrasi. Gimana sih, dia langsung lah tanggung jawab," kata Djarot di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu, (22/1/2020).

Sebelumnya Dirjen Imigrasi Ronny Sompie menyebut bahwa Harun telah kabur ke Singapura pada 6 Januari 2020 atau dua hari sebelum operasi tangkap tangan KPK. Bahkan beberapa hari lalu Imigrasi menyatakan bahwa Harun masih berada di Singapura. Namun ternyata Harun sudah berada di Indonesia pada 7 Januari.

Meski sudah berada di Indonesia sejak 7 Januari lalu, Djarot mengaku tidak tahu keberadaan Harun Masiku. Ia sendiri baru tahu Harun sudah di Indonesia sejak 7 Januari dari pemberitaan media massa. "sama sekali tidak ada kontak dengan yang bersangkutan (Harun)," kata Djarot.

Mantan Wagub DKI itu mengatakan bahwa dengan diketahuinya keberadaan Harun, maka kini tugas kepolisian dan KPK untuk menemukannya. PDIP sendiri sudah mengeluarkan himbauan kepada Harun untuk menyerahkan diri. "Kami sudah mengimbau bahwa setiap warga negara harus hormati proses hukum siapapun itu ya. Tapi yang paling berwenang pihak KPK dan kepolisian. Yang saya dengar saya baca yang bersangkutan sudah masuk DPO kan," pungkasnya.

Sebelumnya Imigrasi sempat menyebut Harun kabur ke Singapura pada 6 Januari 2020 atau dua hari sebelum operasi tangkap tangan. Imigrasi bahkan menyatakan Harun masih berada di Singapura. Namun, Harun dikabarkan kembali ke Indonesia pada 7 Januari 2020 dan Imigrasi tidak membantahnya. "Saya sudah menerima informasi berdasarkan pendalaman di sistem termasuk data melalui IT yang dimiliki stakeholder terkait di Bandara Soeta, bahwa HM telah melintas masuk kembali ke Jakarta dengan menggunakan pesawat Batik pada tanggal 7 Januari 2020," ujar Dirjen Imigrasi Ronny Sompie kepada wartawan, Rabu (22/1/2020).

Sementara itu, Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna Laoly enggan berkomentar saat diberondong pertanyaan oleh wartawan soal keberadaan eks caleg PDI Perjuangan Harun Masiku. Yasonna Laoly hanya menyatakan bahwa isu tersebut sebaiknya ditanyakan kepada Direktur Jenderal Imigrasi Kemenkumham Ronny Sompie. "Itu Dirjen, Dirjen Imigrasi," kata Yasonna sambil meninggalkan Ruang Pers di Gedung Ditjen Imigrasi Kemenkumham, Jakarta Selatan, Rabu (22/1/2020) petang seperti dikutip dari Kompas.com.

Hal itu disampaikan Yasonna Laoly usai konferensi pers pernyataan permintaan maaf terkait ucapannya yang dinilai menyinggung warga Tanjung Priok. Setelah menyelesaikan paparan, Yasonna pun segera mengakhiri konferensi pers dan mengindikasikan bahwa ia enggan menjawab pertanyaan wartawan. "Sudah ya, ini mau maghrib. Satu saja ya," ujar Yasonna.

Yasonna yang enggan menjawab pertanyaan soal Harun kemudian meninggalkan ruangan tersebut dengan pengawalan cukup ketat. Setelah itu, Yasonna pun langsung masuk ke dalam lift menuju ruang kerjanya.

Baca Juga

Saya Tidak Terbukti Melakukan Tindak Pidana Terorisme Pembelaan Penusuk Wiranto

Reima Eisya

Singgung Ketersediaan Alat Gubernur Buka Suara Soal Isu Kalimantan Timur Lockdown Demi Cegah Corona

Reima Eisya

Tiga Kepala Staf Berpeluang Jabat Wakil Panglima TNI

Reima Eisya

Ingatkan Soal Social Distancing Presiden Jokowi & Ibu Negara Iriana Negatif Hasil Tes Corona

Reima Eisya

Kerja Sama Kementan-Gojek Dorong Distribusi Pangan Lebih Cepat Pengamat

Reima Eisya

Dilengkapi Tata Caranya Seperti Covid-19 Doa Menghadapi Persoalan Bacaan Qunut Nazilah

Reima Eisya

Kasus Baru Terbanyak Kembali Ada di Jawa Timur UPDATE Corona di Indonesia 30 Mei 2020

Reima Eisya

4 Keunikan Desain Nagara Rimba Nusa Pemenang Sayembara Ibu Kota Baru Kementerian PUPR

Reima Eisya

Lahirkan Saintis Baru buat Wujudkan Ketahanan Nasional di Sektor Kesehatan

Reima Eisya

Politikus PAN Sebut Jokowi Perlu Dengar Masukan Masyarakat Soal Reshuffle Kabinet

Reima Eisya

Pelaku Tabrak Gerbang Lalu Duel Dengan Polisi Detik-detik Mapolres OKI Diserang Mantan Narapidana

Reima Eisya

Menhub Tegaskan Pembangunan Kawasan Danau Toba Tak Akan Rugikan Masyarakat

Reima Eisya

Leave a Comment