Travel

Pemegang Paspor Indonesia Bisa Ajukan E-Visa Gratis buat Traveling menuju Rusia dari 2021

Pemegang pasporIndonesia masuk ke dalam 53 negara yang dimudahkan Pemerintah untuk berkunjung ke Negeri Beruang Merah mulai tahun depan. Pasalnya, per 1 Januari 2021, Pemerintah Rusia memudahkan dan menggratiskan para pemegang paspor 53 negara tersebut untuk mengajukan elektronik ( ) ke Rusia. Dilansir dari laman , e visa berdurasi selama 16 hari tersebut berlaku untuk rakyat dan negara negara di Asia Tenggara, Timur Tengah, dan Amerika Latin.

Namun, pemegang paspor Amerika Serikat, Inggris, dan Kanada belum bisa mendapatkan fasilitas e visa karena tensi geopolitik. "Keputusan untuk mencakup hanya beberapa negara tertentu ke dalam daftar ini didasarkan pada beberapa faktor, termasuk kebijakan visa mereka terhadap warga Rusia," ujar Wakil Menteri Luar Negeri Rusia pada sebuah wawancara, Kamis (6/2). "Pada tahap ini, belum akan ada perubahan pada daftar tersebut," imbuhnya.

Kendati demikian, Rusia tidak menutup kemungkinan ketiga negara tersebut akan masuk ke dalam daftar e visa gratis, selama dialog visa antara Rusia dan mereka kembali normal. Presiden Rusia, Vladimir Putin, berjanji memberikan e visa pada wisatawan mancanegara mulai 2021. Aturan ini bertujuan untuk mengejar target 15,5 miliar dolar AS pendapatan pariwisata tahunan pada 2024.

Selama ini, para wisatawan mengeluhkan sulitnya mendapatkan visa sebagai salah satu halangan terbesar ke Rusia. Calon wisatawan Rusia disarankan mengajukan e visa ke situs web Kementerian Luar Negeri Rusia empat hari sebelum kedatangan. Tidak perlu khawatir, pemohon e visa tidak akan dikenakan biaya konsuler.

Gratis dan mudah terbuka bagi khalayak dari negara negara termasuk Tiongkok, India, Indonesia, Jepang, Mexico, Singapura, dan lain lain. Sejak 2017, pemegang paspor dari 18 negara bisa mendapatkan e visa single entry untuk mengunjungi Distrik Federal Timur Jauh Rusia. Pada 2019, cakupan wilayah e visa diperluas hingga ke St. Petersburg dan Kaliningrad.

Baca Juga

7 Tempat Wisata Pilihan di Jogja yang Punya Lanskap Instagramable Pernah menuju HeHa Sky View

Reima Eisya

4 Tempat Wisata yang Wajib Dikunjungi saat Liburan ke Sumba

Reima Eisya

Tips Mencari Hotel yang Nyaman untuk Berlibur

Reima Eisya

Pria Ini Berikan Kursi Kelas Bisnisnya buat Lansia 88 Tahun Mengharukan

Reima Eisya

Sop Buntut Bu Ugi, Kuliner Legendaris Tawangmangu yang Wajib Dicoba

Reima Eisya

Rasanya Obati Rindu Kampung Halaman 13 Tempat Beli Lumpia Semarang Enak di Jakarta

Reima Eisya

Gurun Pasir Pantai Oetune di NTT Mirip Wisata di Luar Negeri Viral di Medsos

Reima Eisya

Epicurean Market 2019 di Marina Bay Sands Jaring Ribuan Pengunjung berhasil Digelar

Reima Eisya

Negara Paling Bahagia di Dunia yang Lahirkan Banyak Band Heavy Metal 10 Fakta Unik Finlandia

Reima Eisya

Rekomendasi 5 Tempat Sewa Kimono di Tokyo dengan Harga Terjangkau

Reima Eisya

Ingin Liburan tapi Budget Mepet? Coba 9 Tips Traveling Hemat untuk Mahasiswa

Reima Eisya

5 Hal yang Tak Boleh Dilakukan saat Liburan ke Myanmar, Termasuk Jangan Naik Motor di Pusat Yangon

Reima Eisya

Leave a Comment