Kesehatan

Pencetus ‘Cuci Otak’ 2 Gebrakan Mengejutkan Setelah Dokter Terawan Jadi Menteri Kesehatannya Jokowi

Dokter Terawan Agus Putranto atau yang akrab disapa dokter Terawan tak henti menjadi pusat perhatian. Dokter Terawan yang kini menjabat sebagai Menteri Kesehatan Republik Indonesia membuat dua gebrakan setelah dua minggu menjabat. Tak hanya dikagumi karena profilnya yang sederhana dan murah senyum, dokter Terawan juga dikagumi karena kesungguhan hatinya mengabdi sebagai Menteri Kesehatan.

Apa saja dua gebrakan yang membuat dokter Terawan selalu jadi pusat perhatian? Beberapa waktu lalu, dokterTerawansempat ramai diperbincangkan setelah mengutarakan gagasan soal gajinya. Baru beberapa hari dilantik sebagaiMenteri Kesehatan,Terawansudah membuat gebrakan yang mencuri perhatian.

Melansir dari KompasTV, dokterTerawanakan memberikan gaji pertamanya sebagai Menteri kesehatan kepadaBPJS Kesehatan. Rencana tersebut diungkapkan oleh dokter Terawan ketika mengunjungi kantor pusat BPJS Kesehatan di Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Jumat 25 Oktober 2019. "Kalau pribadi saya, saya serahkan gaji saya sebagaimenteridan tunkin (tunjangan kinerja, Red) saya (kepadaBPJS Kesehatan)," ujar dokterTerawan.

Bukan tanpa alasan dokterTerawanmelakukan aksi tersebut. MenurutTerawan, hal tersebut ia lakukan sebagai gerakan moral untuk mengatasi defisit program jaminan kesehatan nasional. DokterTerawanjuga mengatakan kalau gerakan itu nantinya agar bisa diikuti para karyawan di kementeriannya secara suka rela.

"Mungkin nanti akan diikuti secara masif oleh karyawan di Kementerian Kesehatan dengan kerelaannya, terserah mereka untuk memberikannya kepada BPJS," "Silahkan BPJS yang mengaturnya supaya tidak ada persoalan, kesalahan di dalam peraturan maupun ketentuan," tambahnya. Seolah belum cukup menggambarkan kesederhanaannya, belakangan ini video dokter Terawan tiba tiba muncul di kantin gedung Kemenkes viral di media sosial Twitter.

Sampai detik ini, video tersebut telah disukai lebih dari 1,4 ribu dan diretweet sebanyak 561 kali oleh para pengguna akun Twitter. Dalam video tersebut, dokter langganan Prabowo ini baru saja mengajak staff Kemenkes makan siang bersama di kantin karyawan gedung Kemenkes. Dokter yang dikenal murah senyum tersebut terlihat nyaman duduk berdesakan dengan puluhan karyawan Kemenkes lainnya di ruang kantin yang sempit.

Tak hanya duduk berdesakkan dengan karyawan lain, dokter Terawan bahkan tak segan mentraktir stafnya makan siang pada hari itu. "Saya makan bersama para karyawan yang ada disini dan mereka semua hari ini saya traktir, karena hari ini saya disangoni (diberi uang saku) sama istri saya," ucap dokter Terawan berseloroh seperti yang dikutipdarivideo tersebut. Menariknya, berdasarkan cuitan @arieflip, ini baru pertama kalinya seorang menteri kesehatan mau berdesakan makan di kantin karyawan dalam kurun waktu 30 tahun terakhir.

Saking baru pertama kalinya terjadi, menurut cuitan @arieflip, ibu pemilik kantin sampai meneteskan air mata saat melihat dokter Terawan duduk makan bersama dengan para karyawannya. Kantin Karyawan Kemenkes Heboh!!! Tadi siang Menkes Letjen TNI (Purn.) Dr. dr. Terawan Agus Putranto makan siang di Kantin. Ibu pemilik kantin sampai terharu keluar air mata karena sudah 30 tahun jualan baru kali ini Menkes makan di kantin ," begitu cuitan akun Twitter @arieflip seperti yang dikutip, Jumat (1/11/2019).

Dilansirdari akun Twitter resmi Kemenkes RI @KemenkesRI, dokter Terawan juga tak segan diajak berfoto para pedangang dan pelayan kantin yang bertugas siang itu di kantin Gedung Kemenkes RI. Sontak saja, video Menkes makan berdesakan di kantin karyawan Kemenkes RI viral dan ramai dikunjungi netizen Tanah Air. Tak sedikit dari mereka yang salut dengan sikap sederhana dan apa adanya dokter Terawan dalam video tersebut.

Bapak Terawan teladan yang baik.. buat semua orang di sekitar dan semua bangsa Indonesia maju. Tipikal tentara, mau makan dimana saja oke. Harus diapresiasi kalo ada pimpinan yg mau makan semeja dgn bawahan. Bawahannya bangga lho kalo bisa makan semeja dgn pimpinannya. Luar biasa….dan harus di contoh kesederhanaan nya.

Sederhana, lembut & humble.. ahhh bapakk Di balik sosoknya yang kini dikenal sebagai Menkes, dokter Terawan bukanlah sosok yang sembarangan. Sosok dokter Terawan ini dikenal dengan sepak terjangnya yang cemerlang di dunia medis.

Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto bahkan adalah salah satu pasien langganan dokter Terawan. Namun meski dikenal memiliki sepak terjang yang cemerlang di dunia medis, dokter Terawan rupanya punya catatan buruk dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI). Melansir Majalah Intisari, pada tahun 2008, dokter Terawan pernah dipecat atau diberhentikan oleh Ikatan Dokter Indonesia (IDI) terkait metode terapi 'cuci otak' yang tengah ia kembangkan.

Terapi 'cuci otak' dengan Digital Substracion Angiography (DSA) yang ia kembangkan diklaim bisa menghilangkan penyumbatan di otak yang menjadi penyebab stroke. Namun, metode 'cuci otak' yang dikenalkan Terawan ini rupanya menuai pro kontra lantaran dianggap memiliki resiko yang begitu tinggi dan belum teruji klinis. Imbasnya, IDI sempat memberikan sanksi kepada dokter Terawan yaitu berupa pemecatan dari keanggotaan selama 12 bulan karena dianggap telah melanggar kode etik kedokteran.

Bahkan sanksi pemecatan dari IDI ini sampai berimbas pada pelantikannya sebagai Menkes. MKEK bahkan sempat mengirim surat penonalakan kepada Presiden Jokowi 3 minggu sebelum pelantikan resmi menteri Kabinet Indonesia Maju. Kendati demikian, nampaknya baik dari pihak Jokowi sebagai kepala negara maupun dokter Terawan tak mau ambil pusing masalah seperti ini.

Baca Juga

Sederet Manfaat Mengkonsumsi Daun Jambu Biji, Cegah Kanker hingga Kendalikan Diabetes

Reima Eisya

Manfaat Daun Jambu Biji Buat Kesehatan Tubuh

Reima Eisya

Selain Kopi, Ini 7 Minuman yang Bisa Hilangkan Kantuk, Adakah Favoritmu?

Reima Eisya

Cukup Biasakan Cuci Tangan hingga & Tidur Nyenyak Tips Menjaga Kesehatan saat Musim Pancaroba

Reima Eisya

Bionime Perkenalkan Tes Deteksi Diabetes Personal Terintegrasi Internet

Reima Eisya

Ampuh Turunkan Berat Badan hingga Atasi Insomnia 7 Manfaat Tersembunyi Kacang Pili/Kenari Sulawesi

Reima Eisya

5 Cara Agar Rambut Tidak Mengembang

Reima Eisya

10 Tips Menjaga Kesehatan Mata Meski Sering Menatap Layar Monitor & Hp

Reima Eisya

Trik Sehat Ala Joe Taslim, Ogah Makan Lagi Setelah Santap Nasi Padang, Tak Suka Sayur, Pilih Dijus

Reima Eisya

Diujicoba Pada Tikus yang Terpapar Sel Kanker, Peneliti Ini Kaget dengan Khasiat Kayu Bajakah

Reima Eisya

Simak Gejala Cara Diagnosis serta Penyebabnya Mengenal Penyakit Hepatitis A

Reima Eisya

Menurunkan Gula Darah hingga Memerkuat Tulang 7 Manfaat Timun Bagi Kesehatan

Reima Eisya

Leave a Comment