Pendidikan

Pengumuman Hasil SNMPTN 2019 Besok! Jika Lolos, Simak Tahap Penting dan Wajib Berikut

Pengumuman hasil SNMPTN 2019 akan dilakukan besok Jumat (22/3/2019). Pengumuman tersebut akan disampaikan tepat pukul 16.00 WIB melalui laman resmi snmptn. Setelah dinyatakan lolos, ada beberapa tahap penting dan wajib yang harus dilakukan oleh peserta.

Mengutip dari laman resmi snmptn.ac.id , setelah pengumuman hasil seleksi tahap selanjutnya yakni proses verifikasi dokumen peserta dan/atau pendaftaran ulang. Kedua tahap tersebut dapat diakses di laman web masing masing PTN. Ditelusur dari laman resmi PTN, belum ada jadwal mengenai pelaksanaan dua tahap tersebut.

Dilansir dari berbagai sumber, dua tahap yang harus dilakukan setelah lolos SNMPTN 2019 secara umum adalah sebagai berikut. Pada tahap ini peserta harus melakukan verifikasi di PTN tempatnya diterima. Peserta yang lolos SNMPTN diminta untuk melakukan pencocokan data antara nilai yang diunggah dalam Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDDS) dengan nilai rapor.

Beberapa dokumen lain juga harus dilakukan verifikasi. Pada tahap ini peserta akan diminta untuk mengisi formulir pendaftaran ulang secara online sesuai kampus yang menerimanya. Peserta juga harus mengisi beberapa biodata dan melakukan pencetakan kartu tanda peserta SNMPTN di website resmi snmptn.ac.id.

Biasanya setelah mengisi biodata, akan muncul biaya pendidikan (UKT) yang harus dibayarkan. Peserta kemudian diminta untuk melakukan pembayaran UKT melalui bank mitra. Mengenai kelengkapan registrasi dan tahap lanjutan, pantau informasi di website kampus yang dituju.

Selalu cari tahu syarat dan ketentuan, jadwal, serta tempat di mana harus melakukan daftar ulang. Pada tahun 2019 ini sebanyak 2.330.433 siswa kelas 12 akan lulus. Sementara itu siswa yang telah melakukan pendafataran dan finalisasi SNMPTN sebanyak 478.070.

Sementara itu bagi siswa yang berhasil lolos SNMPTN tidak diperkenankan untuk mengikuti SBMPTN. Hal ini dilakukan untuk memberikan kesempatan bagi peserta yang ingin mendaftar jalur SBMPTN. "Peserta yang sudah diterima di jalur SNMPTN tidak bisa mendaftar di jalur SBMPTN. Ini guna memberikan kesempatan kepada peserta yang lain," jelas Prof Budi kepada Kompas.com melalui pesan singkat (18/3/2019).

Baca Juga

Belajar dari Kecelakaan seperti di Tol JORR, Berikut 12 Tips dan Etika Mengemudi di Jalan Tol

Reima Eisya

Besok Ditutup, Pelamar Sejumlah Instansi Sekdin 2019 Tiba Tiba Membengkak, Ada Sampai 35 Kali Kuota

Reima Eisya

Komunitas Pendidikan Gagas KolaborAksi Untuk Memudahkan Akses Pendidikan Berkualitas di Jakarta

Reima Eisya

Tim FEB UNS Solo Latih Anak-anak Panti Muhammadiyah Sukoharjo Budidaya Sayur Sistem Hidroponik

Reima Eisya

Gadis Bermata Biru Hidup 5700 Tahun Lalu Terungkap Asal-usulnya Berkat Jejak Ludah di Permen Karet

Reima Eisya

Cerita Moses Mayer Membuat Aplikasi SampahLink untuk Pengelolaan Sampah

Reima Eisya

Demi Kesehatan Jantung Lengkap dengan Terjemahan Arti Niat Puasa Senin Kamis Beserta Keutamaannya

Reima Eisya

Hadirkan Platform Rencanamu buat Mendukung Program Siap Kerja & Industri Link & Match

Reima Eisya

Kini Saatnya Kota Surabaya! MasukKampus Selalu Berhasil Dalam Acara Try Out Menuju Kampus Impian

Reima Eisya

Ada Perubahan Mekanisme Dana BOS buat Guru Honorer Merdeka Belajar

Reima Eisya

Siasati Pinjaman Dana Tiap Bulan Pertama

Reima Eisya

JPPI Kritik Langkah Pemerintah Hapus Ditjen PAUD Dikmas di Kemendikbud

Reima Eisya

Leave a Comment