Lifestyle

Puasa Tasua dan Asyura, Lengkap dengan Bacaan Niatnya

Muharram merupakan bulan pertama pada penanggalan tahun Islam atau Hijriah. Bulan Muharram merupakan satu bulan suci dalam kalender Islam. Muharram secara harafiah berarti "terlarang."

Pada bulan pertama dalam penanggalan Islam ini, Bulan Muharram memegang peranan penting dalam Islam. Bulan Muharram memilik banyak keistimewaan, untuk itu umat muslim disunahkan untuk memperbanyak amalan. Pada bulan Muharram ada peristiwa penting yang terjadi, yakni hijrahnya Rasulullah SAW dari Makkah ke Madinah.

Allah SWT menjelaskan dalam Alquran, bulan Muharram merupakan satu dari empat bulan yang disucikan Allah SWT. “Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah adalah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu, dan perangilah kaum musyrikin itu semuanya sebagaimana merekapun memerangi kamu semuanya, dan ketahuilah bahwasanya Allah beserta orang orang yang bertakwa” (QS. At Taubah: 36) Ada beberapa amalan yang bisa dilakukan dalam bulan Muharram.

Rasulullah SAW menganjurkan umatnya untuk memperbanyak ibadah puasa pada bulan Muharram. Dari Abu Hurairah RA berkata, Rasulullah SAW bersabda: “Puasa yang paling utama sesudah puasa Ramadhan adalah puasa pada bulan Allah (syahrullah) Muharram. Sedangkan shalat malam merupakan shalat yang paling utama sesudah shalat fardhu.” (HR. Muslim, no. 1982).

Salah satunya adalah berpuasa sunnah Tasua dan Asyura. Dikutip dari , puasa Tasua dan Asyura serta puasa sunnah lainnya (senin kamis, ayamul bidh, puasa daud), nilainya menjadi puasa yang paling mulia setelah Ramadhan. Rasulullah bersabda:

"Puasa yang paling utama setelah puasa Ramadhan adalah (berpuasa) di bulan Allah, Muharam." (HR. Muslim) Secara khusus, Rasulullah SAW menyebutkan keutamaan puasa asyura dalam sabdanya : "Rasulullah ditanya mengenai puasa asyura, beliau menjawab, 'ia bisa menghapus dosa setahun yang lalu.'" (HR. Muslim)

Sementara mengenai puasa Tasua, Rasulullah berazam untuk menjalankannya, meskipun beliau tidak sempat menunaikan karena wafat sebelum Muharam tiba. Lalu para sahabatnya menjalankan puasa Tasua seperti keinginan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam: "Apabila tahun depan (kita masih diberi umur panjang), kita akan berpuasa pada hari Tasua (kesembilan)." (HR. As Suyuthi dari Ibnu Abbas, dishahihkan Al Albani dalam Shahihul Jami')

Puasa Tasua adalah puasa sunnah yang dilakukan pada tanggal 9 Muharram atau Selasa 10 September 2019 mendatang. Puasa ini merupakan puasa sunnah meskipun belum pernah dilakukan oleh Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam. (Nawaitu shouma fii yaumi taasuu’aa’ sunnatan lillaahi ta’aalaa)

Saya niat puasa sunah tasu’a sunah karena Allah Ta’ala Puasa Tasua adalah puasa sunah yang dilakukan pada tanggal 9 Muharram atau Selasa, 10 September 2019. Ilustrasi (google.com)

Nabi Muhammad SAW sangat menganjurkan puasa pada tanggal 10 Muharram (Asyura). Andaikan mampu, alangkah baiknya menambah puasa pada tanggal sembilan dan sebelas Muharram. Ibnu 'Abbas menuturkan:

"Saya tidak mengetahui Rasulullah SAW bersungguh sungguh untuk berpuasa kecuali pada hari ini, yakni hari Asyura." (Musnad al Syafi’i). Penuturan Ibnu 'Abbas ini menunjukan betapa penting dan besarnya hikmah puasa Asyura. Beliau mengisahkan begitu sungguh sungguhnya Nabi Muhammad SAW melakukan puasa sepuluh Muharram.

Pada hari tersebut, Nabi Muhammad SAW berharap kepada Allah SWT agar dosanya di tahun sebelumnya diampuni. Nabi berkata: "Puasa hari Asyura, saya berharap agar Allah SWT mengampuni dosa satu tahun sebelumnya" (HR: Ibnu Majah).

نَوَيْتُ صَوْمَ فِيْ يَوْمِ عَاشُوْرَاء سُنَّةً لِلَّهِ تَعَالَى (Nawaitu shouma fii yaumi aasyuuroo’ sunnatan lillaahi ta’aalaa) Saya niat puasa sunah asyura sunah karena Allah Ta’ala

Baca Juga

Intip Ramalan Zodiakmu Hari Ini Selasa 14 Mei 2019: Cancer Sukses, Leo Antusias, Capricorn Humoris

Reima Eisya

6 Alasan mengejutkan di Balik Bau Badan, Kecanduan Makanan Pedas Ternyata Bisa Jadi Penyebabnya

Reima Eisya

Wong Hang Rilis Aplikasi Fashion, Samuel Wongso: Bisa Buat Bantu Artis

Reima Eisya

Ramalan Zodiak Besok Senin 20 Mei 2019 Aries Happy, Cancer Urakan, Libra Ikut Arus Mainstream

Reima Eisya

Kepribadianmu Bisa Dibaca dari 12 Kebiasaan Ini, Gaya Selfie hingga Cara Membawa Tas

Reima Eisya

Kumpulan Ucapan Selamat Isra Miraj dalam Bahasa Indonesia, Cocok Dikirim via WA ke Sanak Saudara

Reima Eisya

Ramalan Zodiak 23 Maret 2019, Gemini Alami Perubahan dan Leo Sambut Kedatangan Cinta Baru

Reima Eisya

Zodiak Hari Ini: 5 Zodiak yang Menghindari Konflik dengan Pasangan, Kamu dan Pacarmu Termasuk?

Reima Eisya

Ramalan Zodiak Cinta Selasa 14 Mei 2019, Virgo Memaksa Keadaan, Aquarius Didera Konflik

Reima Eisya

5 Zodiak yang Takut Terluka saat Cintanya Ditolak, Apakah Kamu Termasuk?

Reima Eisya

ZODIAK KESEHATAN Ramalan Zodiak Kesehatan Selasa 16 Juli 2019 Scorpio Lelah, Pisces Insomnia

Reima Eisya

Leave a Comment