Kesehatan

Redakan Demam hingga Cegah Kanker Obati Asam Urat Manfaat Kersen atau Talok yang Sering Diabaikan

Kersen atau talok adalah tumbuhan yang memiliki buah berbentuk kecil seperti ceri dengan rasa manis jika sudah matang. Kersen tumbuh di beberapa negara di Asia Tenggara, di antaranya Filipina, Vietnam, Laos, Thailand, Kamboja, dan Malaysia. Di Indonesia sendiri, tumbuhan ini dapat tumbuh dengan mudah di berbagai tempat.

Diketahui, tumbuhan yang bisa tumbuh hingga 12 meter ini ternyata buahnya mengandung berbagai gizi. Di antaranya air, protein, lemak, serat, kalsium, fosfor, zat besi, karotin, vitamin B1, riboflavin, niacin, dan vitamin C. Bagian bagian lain dari pohon kersen atau talok, yakni bunga, daun, dan pepagan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

Kersen atau talok dapat mengobati sakit encok atau asam urat, kram perut, dan mengurangi demam. Berikut ini manfaat kersen atau talok dilansir dari . Berdasarkan penelitian, buah kersen atau talok mempunyai kadar antioksidan.

Antioksidan berfungsi ntuk memperkuat sistem kekebalan tubuh dan melawan radikal bebas yang dapat menyebabkan kanker. Rebusan daun kersen dapat membunuh mikroba atau dapat digunakan sebagai antiseptik. Sifat anti bakteri berasal dari senyawa yang terkandung dalam daun talok, seperti tanin, flavonoid, dan saponin.

Rebusan daun kersen uga memiliki sifat antiinflamasi dan juga dapat mengurangi demam. Daun talok dapat dikonsumsi dengan cara seperti menyeduh teh. Caranya, keringkan daun talok, kemudian tumbuk, dan hasil tumbukan dapat ditambah gula atau madu lalu diseduh.

Daun talok juga memiliki efek anti tumor. Kandungan flavonoid yang dimiliki daun tumbuhan ini diketahui dapat menghambat sel kanker. Talok sering digunakan untuk mencegah encok atau asam urat dan bisa menghilangkan rasa sakit yang disebabkan penyakit ini.

Ekstrak daun talok dapat melindungi miokardium yakni dengan cara membatasi kebocoran enzim dari miokardium. Bunga kersen atau talok dapat digunakan sebagai antiseptik dan mengobati kram perut. Caranya adalah merebus bunga kersen atau talok, kemudian meminum air rebusan dari bunga tersebut.

Baca Juga

Cukup Biasakan Cuci Tangan hingga & Tidur Nyenyak Tips Menjaga Kesehatan saat Musim Pancaroba

Reima Eisya

Manfaat Tersembunyi Susu, Bisa Turunkan Tekanan Darah dan Melindungi Otak

Reima Eisya

Tropicana Slim Ajak Keluarga Indonesia Cegah & Lawan Diabetes

Reima Eisya

Bagi Penderita Diabates Mungkin Kaget Gula Darah Cenderung Naik di Pagi Hari

Reima Eisya

Pernah Derita Kanker Otak Seperti Agung Hercules, Epy Kusnandar Selamat karena Pengobatan Alternatif

Reima Eisya

Begini Anjuran WHO Cegah Penularan Virus Corona

Reima Eisya

Terapkan Rumus 20-20-20 Hati-hati Mata Kelelahan

Reima Eisya

Kepala Jangan Menengadah Cara Tepat Menangani atau Menghentikan Mimisan

Reima Eisya

3 Minuman yang Mampu Menurunkan Tekanan Darah, Rutinlah Minum Teh Hijau

Reima Eisya

7 Makanan Terbaik untuk Mengatasi Susah BAB

Reima Eisya

Pengetahuan Masyarakat tentang Kesehatan Jiwa Masih Minim

Reima Eisya

Nutrisi Seimbang 5 Makanan yang Aman buat Para Penderita Diabetes

Reima Eisya

Leave a Comment