Travel

Sop Buntut Bu Ugi, Kuliner Legendaris Tawangmangu yang Wajib Dicoba

Liburan ke Kota Solo tak lengkap rasanya jika tak sekalian jalan jalan menikmati udara sejuk di lereng Gunung Lawu. Tepatnya di Kawasan Wisata Tawangmangu, wisatawan bisa menemukan banyak tempat wisata menarik. Tak perlu khawatir budget membengkak karena wisata di kawasan Tawangmangu, cukup ramah di kantong.

Mulai dari air terjun, kebun teh, hutan pinus, perkebunan stroberi hingga aneka kuliner lezat bisa kita nikmati saat liburan ke Tawangmangu. Akomodasi dan transportasi di Tawangmangu pun terbilang cukup mudah. Sebagai tujuan wisata utama di Karanganyar, Tawangmangu menawarkan semua kenyamanan yang dijamin membuat pelancong betah.

Udaranya yang sejuk dan pemandangan hijau di sekitarnya sangat mendukung para wisatawan yang ingin lari dari kesibukan kota. Jarak Kota Solo ke Tawangmangu tidak terlalu jauh, hanya butuh waktu sekitar 2 jam dengan kendaraan pribadi. Selain wisata alam, hal yang tak boleh dilewatkan saat liburan ke Tawangmangu adalah icip kelezatan kulinernya.

Ialah warung Sop Buntut dan Pecel Bu Ugi yang menawarkan hidangan sop buntut (ekor) sapi tersaji hangat di tengah dinginnya udara di Tawangmangu. Sop Buntut Bu Ugi Tawangmangu buka setiap hari mulai pukul 05.00 hingga pukul 19.00. Selain sop buntut, warung makan Bu Ugi juga menyediakan pecel.

Namun, menu favorit tamu di sini tetap sop buntutnya. Seporsi Sop Buntut Bu Ugi Harganya Rp 28 ribu (sop saja, tanpa nasi). Sementara seporsi nasi pecel di warung Sop Buntut Bu Ugi harganya Rp 10 ribu lengkap dengan telur, jika tidak pakai telur harganya Rp 8 ribu saja.

Sop Buntut Bu Ugi tidak pernah sepi pembeli, khususnya pada hari libur atau akhir pekan. Tamu rela antri tempat duduk saat warung Sop Buntut Bu Ugi sedang ramai. Warung Sop Buntut Bu Ugi ini selalu menjadi tempat langganan wisatawan yang berkunjung ke Tawangmangu.

Jika liburan ke Tawangmangu, warung Sop Buntut Bu Ugi tentu tak boleh dilewatkan. Seporsi sop buntutnya berisi buntut atau ekor daging sapi yang sudah dimasak hingga empuk, namun tidak kehilangan cita rasa aroma daging sapinya. Lalu, ada potongan wortel ukuran besar dan kentang hampir utuh.

Kuah kaldunya sangat gurih dengan bumbu sederhana, dilengkapi daun selederi dan taburan bawang goreng yang membuat aromanya semakin sedap. Sop buntut di warung Sop Buntut Bu Ugi ini cocok untuk sarapan maupun makan malam. Sambil makan sop buntut dan nasi pecel, terhidang aneka makanan pendamping di meja, mulai dari tahu goreng, tempe goreng, dan bakwan.

Hidangan pendamping di warung Sop Buntut Bu Ugi ini juga selalu tersaji hangat.

Baca Juga

Hari Terakhir Promo J.CO, Semua Varian JCoffee Dibanderol Rp 25 Ribu Saja

Reima Eisya

Daftar Tarif dan Jadwal Bus Damri di Bandara YIA Kulon Progo

Reima Eisya

Rekomendasi 7 Tempat Seru Buat Ngabuburit Bareng Keluarga di Surabaya

Reima Eisya

6 Cara Cek Kesehatan Sederhana, Angkat Kakimu 20 Menit untuk Mengecek Risiko Stroke

Reima Eisya

5 Hal yang Tak Boleh Dilakukan saat Liburan ke Myanmar, Termasuk Jangan Naik Motor di Pusat Yangon

Reima Eisya

5 Kuliner di Batam yang Cocok untuk Oleh-oleh, Ada Teh Bunga Rosella hingga Kek Pisang Villa

Reima Eisya

Ingin Liburan tapi Budget Mepet? Coba 9 Tips Traveling Hemat untuk Mahasiswa

Reima Eisya

5 Fakta di Balik Film Hollywood Terbaru, Kenapa Selalu Tayang Lebih Dulu di Indonesia?

Reima Eisya

4 Tempat Wisata yang Wajib Dikunjungi saat Liburan ke Sumba

Reima Eisya

Promo Pegipegi April 2019 – Ada Diskon Tiket Pesawat, Kereta dan Hotel hingga Rp 1 Juta

Reima Eisya

Gelandang Manchester United Paul Pogba Kembali Jalani Ibadah Umrah di Arab Saudi

Reima Eisya

Dikenal dengan Julukan Negeri Seribu Bukit, Ini 7 Bukit Terindah di Sumba

Reima Eisya

Leave a Comment