Metropolitan

Sudah Bisa Ditebak karena PKS Oposisi Riza Patria Kalahkan Nurmansyah Lubis Pengamat Politik

Politisi Partai Gerindra Ahmad Riza Patria telah terpilih sebagai Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta dalam pemilihan yang digelar Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta, Senin (6/4/2020). Ahmad Riza Patria mengalahkan Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Nurmansyah Lubis dengan perolehan 81 suara. Sementara Nurmansyah Lubis mendapatkan 17 suara dari 100 suara anggota DPRD DKI Jakarta.

Pengamat PolitikIndobarometer, Muhammad Qodari menilai terpilihnyaAhmad Riza Patria menggambarkan peta koalisi perpolitikan di Indonesia. "Sesuai dengan konstelasi politik nasional hari ini," ujarnya dikutip dari Menurutnya PKS merupakan satu satunya partai yang secara terbuka menyatakan sebagai oposisi.

Berbeda dengan partai Gerindra yang sudah merapat kepemerintahdan membuat koalisi pemerintah semakin bertambah. Hal ini membuat pemilihan Wagub DKI Jakarta di DPRD sudah bisa ditebak. "Di level nasional, hanya ada PKS, satu satunya partai yang secara terang terangan menyatakan oposisi."

"Yang lainnya sudah menyatkan sikap ke Pak Jokowi, termasuk Gerindra," ujarnya. Muhammad Qodari menambahkan suara yang didapatkanRiza Patria di DPRD DKI Jakarta didapatkan karena koalisi pemerintah lebih banyak daripada opisisi. Terlihat dari perbandingan suara 81 suara berbanding 17 suara.

"Itu mungkin PKS saja (yang punya suara), kan jumlah kader PKS 16 orang, satu entah dari mana,"imbuhnya. Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berharap dirinya dapat bekerjasama dengan Ahmad Riza Patria dalam menyelesaikan permasalahan di Ibu Kota. Ia juga berharap Ahmad Riza Patria dapat segera dilantik dan bekerja.

"Sudah tadi sama sama kita saksikan proses pemilihan penghitungan suara sudah selesai dan terpilih Ahmad Riza Patria dan saya ucapkan selamat." "Insyaallah nanti kita bisa bekerjasama dengan baik dan saya berharap proses berikutnya sudah tuntas supaya terus bisa bekerja itu saja dulu," ungkapnya dilansir melalui YouTube Kompas TV, Senin (6/4/2020). Anies menjelaskan Undang undang yang berlaku dalam proses pelantikan Wagub DKI Jakarta.

"Dalam Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2018 tentang Pedoman Penyusunan Tata Tertib DPRD, DPRD DKI harus mengusulkan pelantikan Wagub terpilih kepada Presiden melalui Menteri Dalam Negeri. Presiden kemudian akan melantik Wagub tersebut." "Pokonya yang penting secara prosedur dapat ditaati karena itulah pegangannya," imbuhnya. Ahmad Riza Patria merupakan anggota DPR RI periode 2019 2024.

Jauh sebelumnya, Ahmad Riza Patria mengungkapkan akan melepaskan jabatannya sebagai DPR RI jika terpilih sebagai Wagub DKI Jakarta. Berdasarkan Peraturan KPU (PKPU), anggota DPR, DPRD Kabupaten/Kota, maupun PNS TNI dan Polri yang mencalonkan diri sebagai kepala atau wakil kepala daerah, maka yang bersangkutan harus mundur dari jabatan sebelumnya. Riza saat ini merupakan anggota DPR RI periode 2019 2024.

Ia menjabat Wakil Ketua Komisi V DPR dan Ketua Fraksi Gerindra di MPR. "Sesuai dengan aturan dan mekanisme yang berlaku, dan PKPU yang ada. Apabila mencalonkan sebagai kepala atau wakil kepala daerah, dia harus mengundurkan diri. Tentu siapa saja nanti harus mengundurkan diri." "Bagi saya sebagai kader partai, saya mengikuti melaksanakan apa yang diperintahkan oleh partai," imbuh Riza.

Baca Juga

Ini Penjelasan Polsek Penjaringan Viral Video Istri Pukuli Suaminya yang Stroke dengan Tongkat

Reima Eisya

Polisi Tembak Mati Pelaku Curanmor Jaringan Lampung di Tangerang

Reima Eisya

Sukma Ingin Masa Depan Terjamin Ikut Tes PNS

Reima Eisya

Kata Pemerhati Ular soal Banyaknya Temuan Ular di Pemukiman Warga Kota Depok

Reima Eisya

Polisi Bubarkan Tawuran Pakai Senjata Tajam di Tangerang Jelang Sahur

Reima Eisya

Fraksi PAN DPRD DKI Tunggu Klarifikasi Anies Soal Reklamasi Ancol

Reima Eisya

Rekayasa Lalu Lintas Sistem 2 1 Di Kawasan Puncak Bogor Diuji Coba 27 Oktober

Reima Eisya

Gadis 18 Tahun Dalangi Penculikan Bayi 10 Bulan Jual Bayi melalui Facebook

Reima Eisya

Terima Kasih Sahabat Pramugari Garuda yang Diskors Kini Aktif Kembali Erick Thohir Hotman Paris

Reima Eisya

KPK hingga ICW Tanggapi Kasusnya Sandiaga Uno Minta Ari Askhara Jangan Dihancurkan Habis-habisan

Reima Eisya

Gerindra DKI Minta Penjelasan Anies, Cara Pemprov DKI Cari Untung dari Event Balap Formula E

Reima Eisya

Ingin Tinggalkan Kendaraan Bermotor Terkait e-Scooter Pandangan Masyarakat

Reima Eisya

Leave a Comment