Techno

Sudah Bisa Update iOS 13, Ini Fitur Baru yang Bisa Kalian Coba, Begini Cara Download iOS 13

Setelah penantian beberapa bulan,Appleakhirnya merilisupdateiOS13 untuk pengguna umum. SebelumnyaiOS 13dikenalkan di WWDC 2019 pada bulan Juni lalu. Kini update iOS 13 sudah dapat diunduh untuk pengguna umum di perangkat iPhone dan iPod Touch. Dalam waktu dekat Apple juga akan merilis sistem operasi iPadOS sebagai iOS 13 yang dibuat khusus untuk perangkat iPad.

Apa saja fitur baru di iOS 13 yang wajib untuk segera Anda coba? Updatepaling menarik dari iOS 13 adalah Dark Mode atau mode tampilan gelap. Selama 12 tahun Apple merilis perangkat iPhone, update iOS 13 menjadi sistem operasi pertama yang mendukung tampilan Light dan Dark. Dark Mode bekerja di semua bagian mulai dari Lockscreen, Home Screen dan juga aplikasi bawaan serta aplikasi pihak ketiga yang sudah mendukung.

Dengan menggunakan Dark Mode, warna latar belakang yang sebelumnya menggunakan warna cerah contohnya putih akan berubah menjadi gelap. Penggunaan Dark Mode juga diklaim bisa menghemat baterai di perangkat iPhone dengan layar OLED seperti iPhone X, iPhone XS hingga iPhone 11. Dark Mode dapat diatur lewat Settings Display & Brightness. Anda juga bisa menemukan akses Dark Mode lewat Control Center atau perintah ke Siri.

Deretan Fitur Baru di Photos Aplikasi Photos mendapat banyak fitur baru di iOS 13 untuk membantu Anda mengelola foto dan juga melakukan sejumlah fitur edit gambar. Pertama, Anda bisa mengucapkan selamat tinggal untuk Camera Roll.

Ya, update iOS 13 menggunakan sistem organisir foto yang tidak menggunakan folder Camera Roll. Daftar foto Anda bisa dilihat berdasarkan rentan waktu pengambilan gambar mulai dari tahun, bulan, hari atau semua foto. Semua tab di Photos juga tampil denga lebih segar dengan mode katalog yang rapi, proses buka aplikasi lebih cepat dan kurasi cerdas berdasarkan foto terbaik. Kedua, Photos punya beberapa mode edit yang semakin lengkap. Bagian favorit saya adalah edit video yang akhirnya mendukung mode Crop, Rotate, dan Auto Enhance.

Bagi kalangan fotografer yang sering memindahkan hasil jepretan format RAW dari kamera digital ke iPad atau iPhone, kini Photos juga mendukung fitur edit RAW. Sering main games di perangkat iPhone atau iPad? Kini di iOS 13 dan sebentar lagi di iPadOS, Apple telah membuka akses gaming controller untuk melengkapi suasana bermain games lebih seru! Anda dapat menggunakan perangkat gaming controller dari PS4 atau XBOX One untuk bermain beragam game yang telah mendukung.

Mode koneksi yang digunakan adalah pairing lewat Bluetooth dan pengaturan singkat. Bahkan akses yang sama juga dapat membantu Anda menghubungkan perangkat iPadOS atau iOS 13 dengan mouse beserta akses tombol fungsi tambahan jika tersedia. Bagi pengguna iPhone X atau yang lebih baru, aplikasi Camera kini punya mode jepret Portrait Lightning yang lebih canggih. Yaitu Anda dapat mengatur efek Bokeh atua Depth of Field sebelum menjepret gambar. Mode Portrait Lightning juga ditambahkan dengan efek High Key Mono untuk membuat gambar Portrait dengan tampilan monochromatic.

Update Keyboard sejatinya sudah mulai diberikan oleh Apple sejak iOS 9 dengan membuka akses keyboard pihak ketiga. Kini di iOS 13, Apple menambahkan mode QuickPath di keyboard bawaan. Fitur ini berguna untuk membantu Anda mengetik dengan cara swipe dari huruf pertama ke huruf berikutnya hingga membuat sebuah kata. Apple akhirnya semakin terbuka dengan akses peramban di Safari untuk mengunduh beragam dokumen di dunia maya.

Di iOS 13, Anda bisa menggunakan Safari Download Manager untuk mengunduh beragam dokumen dan langsung terintegrasi ke aplikasi Files. Bicara Files, Apple punya peningkatan cukup menarik di aplikasi file manager ini. Yaitu mode Share Folder di iCloud Drive dan akses dokumen dari SD card atau USB Flash Drive dengan aksesoris yang mendukung. Untuk masalah Privacy, ada beberapa update penting yang dapat segera digunakan jika Anda sudah menggunakan iOS 13.

Pertama, mode Sign in with Apple. Fitur ini dibuat untuk menjaga data privasi Anda seperti email saat terhubung ke sebuah layanan. Jika sebelumnya Anda harus membuat akun baru atau menghubungkan akun sosial media untuk mendaftar layanan baru, dengan Sign in with Apple semuanya menjadi lebih mudah dan aman. Prosesnya adalah setiap pengguna ingin mendaftar di layanan baru yang telah mendukung Sign in with Apple, sistem iOS 13 akan memberikan random ID.

Random ID tersebut terhubung dengan Apple ID dan menjamin proses keamanan tambahan seperti two factor authentication. Dengan Sign in with Apple, penyedia layanan tidak akan mendapatkan data pribadi pengguna seperti nama, email atau data penting lainnya. Kedua, mode Location Service juga mendapatkan peningkatan untuk masalah privasi.

Kini Apple memberikan opsi pengaturan akses catatan lokasi kepada aplikasi pihak ketiga dengan beberapa piliha. Mulai dari akses sekali saja, hingga mengetahui informasi apa saja yang diminta oleh penyedia layanan. Sering berkirim Memoji di iMessage? Kini di iOS 13, fitur Memoji diperluas menjadi Memoji Stickers.

Yaitu mengubah Memoji yang sudah Anda buat menjadi Sticker dan bisa diakses di keyboard Emoji. Sehingga Anda bisa membagikan Memoji Sticker ke aplikasi selain iMessage. Contohnya adalah Mail, WhatsApp atau aplikasi chat lainnya. Bagaimana cara update ke iOS 13? Sama seperti sebelumnya, ada 2 cara yang dapat Anda tempuh yaitu menggunakan OTA Updates atau iTunes di komputer.

Untuk OTA Updates, pastikan beberapa hal berikut ini: 1. Memori penyimpanan yang kosong ada 4GB atau lebih. 2. Baterai di atas 50% atau dalam mode charging. 3. Tidak mengaktifkan Low Power Mode. 4. Menggunakan koneksi internet dari jaringan Wi Fi yang stabil dan cukup. Setelah memastikan beberapa hal di atas, silakan masuk ke Settings General Software Update untuk mengunduh update iOS 13. Sedangkan untuk update menggunakan iTunes, pastikan beberapa hal berikut:

1. Unduh dan instal iTunes terbaru di komputer Mac atau PC. 2. Hubungkan komputer Mac atau PC ke jaringan internet yang stabil dan cukup. 3. Hubungkan perangkat iPhone ke Mac atau PC dengan kabel data bawaan atau standar MFi untuk menjamin kestabilan proses update. Setelah melakukan beberapa persiapan di atas, silakan buka iTunes dan akses tab iPhone. Lakukan proses Backup dan jika sudah selesai silakan tekan tombol Update.

Baca Juga

Usung Tagline Non-Ribawi, Market Place Plaza Ummat Resmi Diluncurkan

Reima Eisya

Bisa Dibeli di Pasaran Mulai 12 April 2019, Huawei P30 Lite Cocok untuk Kalangan Ini

Reima Eisya

Turis Asing yang Berlibur ke Indonesia Wajib Lapor IMEI Ponsel Jika Tinggal Lebih dari 30 Hari

Reima Eisya

Ada yang Baru di Update Fortnite Season 8, dari Gunung Berapi hingga Pirate Cannon

Reima Eisya

Cara Cek IMEI HP di Situs Kemenperin, Bila Tak Terdaftar Ponselmu Berarti BM/Ilegal

Reima Eisya

Akhirnya, Call of Duty Mobile Bakal Rilis, Catat Tanggalnya!

Reima Eisya

Supercell Gandeng Line untuk Dukung Esports di Indonesia

Reima Eisya

Sony Xperia dengan Daleman Snapdragon 710 Siap Meluncur

Reima Eisya

Duet Galaxy A10 dan Galaxy A20 Dipastikan Tersedia di Awal April

Reima Eisya

Kabar Gembira! Apple Turunkan Harga iPhone di India, Ternyata Ini Alasannya

Reima Eisya

Instagram Dikabarkan sedang Menguji Fitur Stiker Baru: Ada Video Musik Beserta Liriknya

Reima Eisya

5 Game Balap Terbaik Android yang Cocok Temani Ngabuburitmu Sore Ini

Reima Eisya

Leave a Comment