Techno

Super Simpel Tak Perlu Bantuan Aplikasi Ketiga Cara Mengatur Mode Gelap WhatsApp

Cara mengatur mode gelap pada WhatsApp, super simpel tanpa bantuan aplikasi ketiga! WhatsApp akhirnya mulai memunculkan tema gelap aatu dark mode bagi penggunanya. Nantinya, melalui tema gelap ini, tampilan WhatsApp akan berubah menjadi bernuansa hijau biru gelap.

Setelah lama dinantikan, akhirnyaWhatsAppmulai menggulirkan tema gelap alias dark mode. Kabar ini diumumkan oleh WAbetaInfo, situs yang kerap membocorkan fitur baru WhatsApp. Namun,mode gelapini baru menyambangi pengguna WhatsApp versibeta. Untuk bisa mengaktifkannya, para beta tester bisa langsung memperbarui aplikasi WhatsApp ke versi 2.20.13 di Google Play Store. Pengguna Android yang bukan beta tester bisa mengunduh file APK WhatsApp versi 2.20.13 itu lewat situs sepertiAPK Mirror.

Setelah aplikasi diperbarui, mode gelap bisa langsung diaktifkan secara manual. Caranya pun mudah. Klik ikon titik tiga vertikal yang ada di pojok kanan atas. Kemudian pilih menu "setting" (pengaturan), lalu pilih "chat" (percakapan). Nantinya akan muncul menu baru yakni "Theme" (tema). Di dalam menu tersebut akan ada tiga opsi yakni "system default", mode terang, dan mode gelap.

Jika ingin mengganti tema gelap, pilih opsi "dark" (gelap). Alhasil, seluruh tampilan WhatsApp akan didominasi warna gelap yang senada dengan warna mode gelap di Instagram. Berdasarkan pantauan KompasTekno seusai menjajalnya, Rabu (22/1/2020), warna gelap dark mode di WhatsApp ini dipadu dengan warna putiuh pada bagian teks, seperti nama kontak dan pesan. Sementara warna hijau khas WhatsApp akan menandai menu yang dipilih. Di ruang obrolan, kolom pesan yang dikirim akan bewarna hijau tua, sementara pesan yang diterima akan bewarna gelap.

Tampilan WhatsApp dalam mode gelap kurang lebih seperti ini. Perlu diingat bahwa fitur mode gelap di WhatsApp masih dalam tahap beta. Artinya, belum semua pengguna bisa menjajal fitur ini. Untuk iOS, program beta tester WhatsApp dilaporkan masih tutup karena sudah penuh.

SIAP SIAP, Ini sederet merek hp yang sudah tidakbisa diinstal WhatsApp mulai Februari 2020, punyamu termasuk? Aplikasi WhatsApp tidak akan bisa digunakan di beberapa jenis ponsel ini mulai bulan depan atau Februari 2020. Kabar soal aplikasiWhatsAppbakal tak bisa lagi digunakan dismartphoneatau HP tertentu masih menjadi perhatian.

Lantas, apa sebenarnya alasanWhatsAppmengeluarkan kebijakan tersebut? Juru BicaraWhatsAppsudah memberikan penjelasan, kebijakan itu diambil agar memberikan pengalaman baik saat menggunakan aplikasi perpesanan instan itu. PihakWhatsAppmengaku, keputusan itu memang bukan hal yang mudah.

Namun, mereka mengklaim, kebijakan itu adalah tepat untuk memberikan orang cara yang lebih baik dalam berinteraksi. Perlu diketahui kebijakan WhatsApp itu mulai berlaku efektif per Februari 2020. Adapunsmartphoneyang tak bisa lagi menggunakanWhatsAppadalah yang bersistem operasi Android versi 2.3.7, iOS 8, dan Windows Mobile.

Berikut adalah penjelasannya dikutip dari Yahoo News: Android 2.3.7 atau Android Gingerbread adalah sistem operasi untuksmartphoneyang diluncurkan tahun 2010. Hingga tahun 2019, sudah ada beberapa versi terbaru dari sistem operasi Android.

Teranyar, ada Android 10 yang dirilis 2019. Sistem operasi Android Gingerbread bisa disebut ketinggalan zaman di tahun ini. Nah, bagi Anda yang ingin mengaksesWhatsApp, minimal harus menggunakansmartphonebersistem operasi Ice Cream Sandwich.

Jika Gingerbread dirilis 2010, iOS 8 dirilis 2014. Kini, sudah ada versi terbaru dari iOS, yaitu iOS 13. Sama seperti Gingerbread, iOS 8 ke bawah sudah ketinggalan zaman.

Jadi, buat Anda yang ingin mengaksesWhatsAppdi perangkast iPhone, harus menggunakansmartphonebuatan Apple tersebut yang ber OS iOS 9 ke atas. Kendati demikian,WhatsApptetap menganjurkan agar pengguna memakaismartphonedengan OS versi terbaru untuk pengalaman terbaik. Pihak Microsoft sebenarnya sudah tak lagi meng update sistem operasi Windows Mobile.

Mereka sempat menyarankan agar pengguna Windows Phone beralih kesmartphonedengan sistem operasi lain. Jadi, oleh pengembangnya sendiri pun, sistem operasi Windows Mobile sudah ditinggalkan. Mulai 31 Desember 2019,WhatsAppbakal tak mendukung lagi Windows Phone.

Jadi per 2020, semua pengguna Windows Phone tak bisa lagi memakaiWhatsApp. Sebaiknya ceksmartphoneAnda apakah sistem operasinya sudah di atas versi itu atau belum. Masuk ke menu settings atau pengaturan.

Setelah itu, pilih about phone/about device atau tentang ponsel. Kemudian, pilih Android version atau versi Android. Sama seperti perangkat Android, dismartphonedengan sistem operasi iOS (iPhone) Anda bisa masuk ke menu settings atau pengaturan.

Setelah itu pilih Apple ID. Kemudian, pilih opsi your iPhone. Versi iOS bisa dilihat di menu device info atau info perangkat.

Perlu dicatat, masing masing cara tersebut mungkin bakal berbeda di beberapasmartphone. Di merk tertentu, istilah atau nama menu nya bisa saja berbeda.

Baca Juga

Samsung Galaxy A10 hingga Galaxy M30s Harga Terbaru HP Samsung Bulan November 2019

Reima Eisya

dan Xiaomi November 2019 Vivo Harga Ponsel Oppo

Reima Eisya

Harga 5 Jutaan Sudah Dijual Di Pasaran, Vivo V15 Pro Punya Segudang Fitur Berkelas!

Reima Eisya

WhatsApp Berangsur Normal pada Minggu Malam Sempat ‘Down’ Hampir di Seluruh Dunia

Reima Eisya

Gubernur NTT Minta Menkominfo Johnny Gerard Plate Blokir Facebook di Indonesia

Reima Eisya

Lanjutkan Seru Kemerdekaan, Cashbac Hadirkan Dua Promo Lagi

Reima Eisya

Anchanto Dan Telkom Indonesia Kengembangan Solusi Manajemen E Commerce Untuk Bisnis Lokal

Reima Eisya

Usung Tagline Non Ribawi, Market Place Plaza Ummat Resmi Diluncurkan

Reima Eisya

Dukungan dan Apresiasi Bagi Penulis Novel Jadi Alasan NovelMe Kenakan Tarif Mulai Rp 100 Per Bab

Reima Eisya

Akhirnya, Call of Duty Mobile Bakal Rilis, Catat Tanggalnya!

Reima Eisya

Makin Mudah Beri Hadiah Menggunakan Voucher Digital

Reima Eisya

Segera Rilis Ini Bocoran Penampakan Redmi Note 8T Beda di Bagian Sensor NFC Saja

Reima Eisya

Leave a Comment