Travel

Tips Mencari Hotel yang Nyaman untuk Berlibur

Hotel merupakan salah satu komponen penting yang tak bisa dilewatkan ketika kita akan melakukan liburan. Oleh karena itu, memastikan tempat menginap sejak awal sebelum pergi berlibur adalah hal yang sudah hampir pasti dilakukan. Di Indonesia aplikasi dan situs web pemesanan hotel online bermunculan bak jamur di musim hujan.

Selain memudahkan kita sebagai customer , pun tak seribet dulu. Ada masanya untuk melakukan reservasi kita harus menelepon hotel yang akan kita tiduri. Tapi semenjak aplikasi dan situs pemesanan hotel online bertebaran, reservasi hotal menjadi lebih mudah. Dengan layanan yang mereka berikan, kita jadi bisa memilah milah hotel mana yang sesuai dengan budget kita.

Meski kadang hanya berfungsi sebagai tempat untuk istirahat semata, kenyamanan, keamanan dan kebersihan hotel masih menjadi prioritas bagi pelancong sebelum mereka melakukan reservasi di aplikasi dan situs web pemesanan hotel online . Bagaimana cara memastikan bahwa hotel yang akan kita tempati tersebut nyaman untuk dijadikan tempat istirahat setelah capai menikmati liburan? Berikut tipsnya: Kebutuhan adalah hal pertama yang harus kamu prioritaskan sebelum melakukan reservasi hotel.

Pilihlah hotel yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Jika kamu hanya butuh tempat untuk melemaskan kaki dan meluruskan badan setelah menjadi turis seharian, jangan pilih hotel bintang 4 maupun bintang 5 yang punya fasilitas lengkap. Selain bakalan jadi mubazir, kalian bisa menekan budget pengeluaran tersebut untuk membeli oleh oleh atau menyantap makanan enak di tempat pariwisata yang kamu kunjungi.

Carilah hostel atau hotel budget yang bersih dan nyaman, dengan fasilitas yang menurut kalian cukup sederhana tanpa harus merogoh kocek terlalu dalam. Lain hal jika kalian memang berniat menghabiskan waktu di hotel, seperti pasangan yang melakukan bulan madu, misalnya. Karena akan banyak menghabiskan waktu di hotel, fasilitas di hotel bintang 4 atau 5 tersebut akan terpakai dan tidak terbuang sia sia.

Sama halnya dengan kebutuhan, harga juga menjadi salah satu prioritas paling penting dalam memilih hotel. Semua pelancong pasti ingin menginap di hotel yang mempunyai fasilitas lengkap dan nyaman, tapi itu semua tergantung dari budget dan kebutuhan kalian. Carilah hotel yang sesuai dengan kondisi keuangan mu. Jangan terlalu memaksakan untuk tidur di hotel berbintang dengan fasilitas segudang jika hanya digunakan untuk tidur saat malam.

Cari tahu informasi harga dan berbagai penawaran menarik lewat internet. Utama kan hotel yang bersih, nyaman, aman dan yang paling penting sesuai dengan budget serta kondisi keuangan kalian. Jika budget kalian terbatas, pilihlah hotel yang sesuai budget kalian. Setelah itu, baru pertimbangkan berbagai hal lainnya di luar harga tersebut.

Jangan lupa untuk memesan hotel jauh jauh hari sebelum jadwal kalian akan pergi liburan agar tidak kehabisan kamar. Pada musim liburan, kamar kamar hotel biasanya sudah terpesan bahkan jauh sebelum musim liburan tiba. Memesan hotel dari jauh jauh hari juga cenderung lebih murah dibandingkan dengan dadakan.

Jangan lupa sesauikan dengan waktu kalian akan menginap dan tinggal di hotel yang akan kalian tempati. Setiap pelancong pasti sudah mempunyai itinerary perjalanan liburan. Pastikan hotel tempat kamu menginap mempunyai transportasi umum yang mudah diakses oleh turis, dekat dengan lokasi wisata dan tempat makan.

Hal tersebut adalah salah satu faktor yang harus kamu pertimbangkan sebelum memutuskan hotel mana yang sekiranya pas untuk dijadikan tempat menginap selama liburan. Jangan tergoda harga yang terlalu murah, bisa jadi hotel tempat kamu menginap tersebut susah diakses dan jauh dari objek wisata yang kamu tuju. Bukannya menghemat, kamu bakalan tekor karena harus mengeluarkan biaya ganda untuk transportasi ke tempat objek wisata.

Sebaliknya, jika kalian memilih lokasi hotel yang dekat dengan keramian atau tempat wisata tujuan, bisa membuat kalian lebih mudah untuk mencari makan dan kebutuhan kebutuhan kalian lainnya. Tidak sedikit hotel bintang 5 yang kecolongan yang mengakibatkan tamunya kehilangan barang bawaan. Maka dari itu keamanan sudah sepantasnya menjadi hal prioritas saat kamu memilih hotel.

Pastikan hotel yang akan kamu tempati tidak memiliki jejak kasus pencurian, pembunuhan dan hal hal yang menjurus pada tindakan kiminal lainnya. Biasanya situs situs dan aplikasi pemesanan hotel online mempunyai ulasan tentang kondisi hotel tersebut dari para pemesan hotel sebelum sebelumnya. Selalu kunci pintu kamar baik ketika kamu sedang berada di dalam kamar atau saat keluar.

Seberapapun canggihnya keamanan pintu, selalu ada celah bagi mereka yang ingin berbuat jahat. Yang paling penting, pilih hotel yang tidak berada di lingkungan yang tingkat kriminalnya tinggi. Beberapa hotel mempunyai kebijakan masing masing soal kebersihan kamar. Beberapa hotel, terutama hotel bintang 4 ke atas, mempunyai kebijakan mempunyai kebijakan membersihkan sprei di kamar jika dua hari sekali, tapi ada juga yang seminggu satu kali.

Jika saat datang sprei atau bed cover kamu dirasa kotor dan kurang bersih, miintalah ke petugas untuk diganti. Karena ada beberapa hotel, trutama hotel bintang 3 ke bawah, yang mencuci sprei dan bed cover jika diminta oleh tamu hotel saja. Jangan lupa, untuk selalu mencuci gelas dan water heater dengan air panas sebelum kalian gunakan.

Fasilitas penunjang hotel kadang menggoda kita untuk memesan kamar di hotel tersebut. Padahal, belum tentu fasilitas penunjang tersebut akan kita pakai saat menginap di hotel. Tidak sedikit dari kita yang menggunakan hotel hanya untuk tidur, mandi dan istirahat semata. Bagi para backpackers yang sering berpergian sendiri.

Tidur di hostel saja mungkin sudah lebih dari cukup. Sebaliknya, bagi mereka yang telah berkeluarga, fasilitas hotel pasti jadi pilihan nomor satu sebelum menimbang nimbang soal harga. Jika kalian membawa anak anak, pastikan apakah hotel tersebut memiliki family friendly atau tidak.

Bagi mereka yang telah berkeluarga, fasilitas bermain anak anak menjadi salah satu prioritas sebelum memilih hotel untuk menginap. Pastikan juga apakah fasilitas tersebut sudah termasuk dengan sarapan pagi. Meski biasanya, sarapan pagi masuk ke dalam fasilitas standar hotel, namun di beberapa situs dan aplikasi booking hotel, terdapat pilihan kamar dengan harga tertentu yang tidak mendapatkan sarapan pagi. Jika kamu berencana liburan dan memang berniat untuk menggunakan fasilitas mewah yang ada di hotel bintang 4 maupun 5, tidak ada salahnya untuk memesan kamar di hotel dengan fasilitas yang mewah dan kumplit.

Sebaliknya jika kamu hanya perlu hotel untuk meluruskan badan dan tidur saja, pilih lah hotel budget saja. Jangan lupa untuk pastikan apakah fasilitas fasilitas tersebut gratis atau berbayar. Vibe hotel dapat memengaruhi pikiran maupun mood kalian. Jika kalian suka dengan desain desain hotel yang lebih modern, pilihlah desain hotel yang kalian sukai.

Sebaliknya, jika kalian lebih suka nuansa hotel yang lebih klasik, pastikan vibe di hotel yang akan kalian tempati mempunyai nuansa klasik yang kalian inginkan. Jangan sampai kalian suka nuansa modern namun malah memilih suasana hotel yangklasik. Bagi kalian yang traveling menggunakna kendaraan sendiri, pastikan bahwa hotel yang akan kalian tinggali memiliki fasiltas parkir yang cukup luas untuk menampung tamunya.

Jangan sampai kalian mendapatkan hotel dengan parkir yang penuh dan mengakibatkan kalian harus parkir jauh dari hotel. Jangan lupa untuk memastikan apakah fasilitas parkir tersebut bayar atau tidak. Biasakan untuk mengecek situs situs dan aplikasi booking hotel online sebelum memilih hotel yang akan kalian tuju. Biasanya, situs situs dan aplikasi booking hotel selalu memberikan promo maupun diskon pada waktu waktu tertentu. Berlangganan newsletter dan mengikuti sosial media mereka adalah car auntuk selalu update jika ada promo uang diberikan oleh mereka.

Terkadang situs situs dan aplikasi booking hotel menawarkan paket liburan yang di bundling dengan hotel + tiket pesawat terbang, promo kartu kredit tertentu atau bisa bayar di lain hari. Jangan lupakan fitur poin, di beberapa aplikasi dan situs booking hotel, fitur ini bisa di redeem dengan potongan harga atau promo promo menarik lainnya. Selain hal hal di atas, booking hotel via aplikasi atau situs booking hotel online juga mempunyai kelebihan dan kekurangan.

Kepraktisan merupakan kelebihan melakukan booking hotel secara online, terutama dari pihak ketiga seperti situs dan aplikasi penyedia jasa pemesanan hotel. Belum lagi promo dan fitur fitur yang ditawarkan menggoda kita untuk memesan kamar di hotel yang mereka rekomendasikan. Jangan memesan hotel terlalu terburu buru. Pertimbangkan hal hal yang menurut kalian jadi prioritas, seperti kenyamana, keamanan, fasilitas, harga atau lokasi hotel. Baca ulasan ulasan mengenai hotel tersebut.

Pastikan untuk tidak menemukan ulasan ulasan buruk yang dapat memengaruhi keputusan kalian dalam memilih hotel. Beberapa hal yang sering dijadikan sebagai bahan pertimbangan dalam memilih hotel, antara lain, kebersihan, harga kamar, kenyamanan, pelayanan, fasilitas, dan yang lainnya. Karena hotel menjadi salah satu hal yang paling krusial ketika berlibur, pastikan segalanya sesuai dengan keinginan dan kebutuhan kalian. Jangan sampai menyesal di kemudian hari dan membuat liburan kalian jadi berantakan.

Hal yang penting tapi sering dilupakan saat booking hotel adalah tidak membaca deskripsi yang berisi informais informasi mengenai hotel secara detail. Kadang kita terlalu fokus pada harga dan fasilitas dan tidak membaca hal hal penting lainnya, seperti proses refund , breakfast , kamar non smoking atau tidak atau hal hal lainnya yang mungkin saja penting. Pastikan untuk membaca dengan teliti setiap informasi yang diberikan tentang hotel yang akan kalian tiduri. Jangan sampai karena tidak membaca secara detail hal ini bisa merusak liburan kamu.

Tidak ada salahnya untuk mengambil cuti lebih awal dan pergi liburan di saat low season . Biasanya harga kamar di hotel hotel lebi murah dibandingkan peak season karena banyak kamar yang kosong.

Baca Juga

Daftar Tarif dan Jadwal Bus Damri di Bandara YIA Kulon Progo

Reima Eisya

Panduan Transportasi Menuju Tawangmangu Karanganyar dari Kota Solo

Reima Eisya

Viral Pendaki Hipotermia di Gunung Rinjani, Simak 5 Tips Atasi Gejalanya ala Medina Kamil

Reima Eisya

5 Kuliner Favorit BJ Habibie, Mulai Sate Maranggi hingga Putu Cangkir

Reima Eisya

Disebut Sering Liburan ke Luar Negeri, Suami Ayudia Bing Slamet: Udah Lama Pengen ke Labuan Bajo

Reima Eisya

7 Tempat Wisata di Penajam Paser Utara, Wajib Dikunjungi saat Liburan ke Kalimantan Timur

Reima Eisya

4 Tempat Wisata yang Wajib Dikunjungi saat Liburan ke Sumba

Reima Eisya

Promo Pegipegi April 2019 – Ada Diskon Tiket Pesawat, Kereta dan Hotel hingga Rp 1 Juta

Reima Eisya

6 Cara Cek Kesehatan Sederhana, Angkat Kakimu 20 Menit untuk Mengecek Risiko Stroke

Reima Eisya

5 Kuliner Legendaris dari Kediri yang Sayang Dilewatkan

Reima Eisya

Etika Penumpang Pesawat Berdasarkan Tempat Duduk: Kursi Dekat Jendela, Tengah, dan Lorong

Reima Eisya

5 Hal yang Tak Boleh Dilakukan saat Liburan ke Myanmar, Termasuk Jangan Naik Motor di Pusat Yangon

Reima Eisya

Leave a Comment